Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Read More


Otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh kita. Seiring berjalannya waktu kemampuan otak kita dapat berkurang. Cara kita hidup, apa yang kita makan dan apa yang kita minum berpengaruh pada kemampuan otak.

Menjaga tubuh tetap sehat juga merupakan bagian dari menjaga kemampuan otak. Tubuh yang sehat akan berdampak pada tajamnya ingatan kita. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga ketajaman ingatan :

5 Cara Menjaga Ingatan Tetap Tajam

1. Kelola Stress Anda

Stress merupakan salah satu penyebab menurunnya ingatan kita. Stress dapat menggangu kemampuan kita untuk fokus dalam mengerjakan suatu hal. Ketidakfokusan itulah yang membuat kita tidak bisa mengingat dengan baik.

Bila kita tidak memiliki strategi di tempat untuk kelola stress, maka melindungi ketajaman ingatan adalah satu-satunya cara yang Anda butuhkan. Anda bisa melakuakan yoga, meditasi atau bernafas dalam, itu bisa membantu untuk mengurangi stress dan menjaga ketajaman otak.

2. Tidur Nyenyak

Orang-orang yang kurang nyenyak tidurnya cenderung memiliki ingatan yang kurang baik. Alasan paling banyak orang-orang kekurangan tidur atau kurang nyenyak dalam tidur adalah insomnia. Insomnia bisa disebabkan beberapa hal dan stress bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena insomnia.

Tidak sedikit oran yang mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi insomnia, namun sayangnya obat-obatan yang dikonsumsi bisa merusak memori dan fungsi otak. Kalian bisa mencoba meditasi sebelum hendak tidur, sejauh yang saya rasakan,meditasi membantu saya untuk tidur lebih nyenyak. Saya berharap cara ini juga bisa membantu Anda yang terkena insomnia.

3. Berhenti Merokok

Jika Anda masih merokok sebaiknya Anda berhenti sekarang juga. Memang mudah untuk diucapkan namun saya tahu itu cukup sulit buat kalian untuk berhenti sekaligus. Perlu di ingat, merokok itu berbahaya bagi kesehatan; banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dan merokok juga dapat menurunkan ketajaman ingatan seseorang.

Seseorang yang konsumsi rokok sebanyak 2 bungkus per hari di usia setengah baya memiliki resiko lebih besar terkena dementia (sindrom yang berkaitan dengan penurunan dari kemampuan kognitif). Saya sarankan untuk memulai program berhenti merokok dari sekarang untuk Anda yang masih merokok.

4. Berhenti Konsumsi Alkohol

Terlalu banyak meminum alkohol dapat berdampak pada resiko kehilangan memory (ingatan) dan demensia. Seperti yang sering kita lihat, mereka yang konsumsi alkohol tidak bisa mengendalikan dirinya. Mereka bergerak tanpa kendali. Perlu diketahui, minuman alkohol itu bukan hanya dapat merusak otak namun juga dapat merusak tubuh Anda secara keseluruhan.

Mungkin pernah salah satu dari Anda yang suka minum alkohol menganggap dengan minum alkohol maka akan hilang semua masalah kita. Benar, itu tidak salah, masalahnya hilang beserta kesadaran kalian dan ketika kalian sadar, kalian baru sadar kalau masalah semakin menjadi rumit karena kalian telah kehilangan waktu yang harusnya kalian gunakan untuk menyelesaikan masalah.

Jadi jangan pernah coba-coba sentuh atau minum minuman beralkohol karena itu sama saja dengan kalian mengurangi umur kalian dengan merusak organ-organ tubuh kalian.

5. Lindungi Otak Anda dari Cedera

Benturan kepala menjadi salah satu penyebab paling tinggi hilangnya ingatan dan demensia. Sebaiknya kita mencegah kejadian ini dengan selalu melindungi kepala kita ketika hendak bepergian dengan kendaraan. Misalnya mengenakan helm ketika mengendarai motor dan sepeda dan mengenakan sabuk pengaman bila Anda hendak pergi menggunakan mobil. 

Sabuk pengaman dapat mengurangi dampak benturan kepala karena bisa menahan tubuh agar kepala tidak menyentuh bagian depan kaca mobil. 

Setelah mengetahui cara menjaga ingatan tetap tajam, berikutnya mari kita coba tingkatkan ketajaman ingatan kita dengan beberapa hal berikut ini :

Dukutip dari laman mayoclinic.org berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan ketajaman otak :

Cara Meningkatkan Daya Ingatan

1. Lakukan Aktivitas Mental

Sama seperti aktivitas fisik yang dapat membantu menjaga ketajaman otak, melakukan beberapa aktifitas yang dapat merangsang mental juga dapat menjaga dan meningkatkan ketajaman otak. Aktivitas seperti mengisi teka-teki silang, membaca bagian koran yang biasa dilewati dan mengambil jalan alternatif lain yang tidak biasa dilalui serta belajar musik instrumental juga mampu merangsang mental untuk meningkatkan ketajaman otak.

2. Bersosialisasi 

Interaksi sosial dapat membantu mengurangi stress dan depresi. Kedua hal itu yang dapat menyebabkan turunnya daya ingat. Melakukan interaksi sosial secara rutin mampu meningkatkan ketajaman otak.

3. Mengorganisir

Menuliskan kegiatan seperti membuat daftar kegiatan dapat membantu meningkatkan ketajaman otak.

4. Tidur Nyenyak

Tidur berperan penting dalam mengkonsolidasikan ingatan-ingatan Anda,sehingga Anda dapat mengingat kembali. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam untuk tidur.

5. Makan Makanan Sehat

Makan makanan sehat mungkin dapat membantu menjaga kesehatan otak. Konsumsi buah-buahan,gandum utuh dan sayuran. Pilih juga sumber protein yang rendah lemak seperti ikan dan daging unggas tanpa kulit. Kekurangan minum air putih juga dapat berdampak kepada turunnya daya ingat.

6. Rutin Berolahraga

Melakukan aktifitas fisik seperti olahraga dapat meningktkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak. Ini mungkin dapat membantu menjaga ketajaman otak Anda. Untuk orang dewasa, Department of Health and Human Services merekomendasikan setidaknya 150 menit per pekan untuk aktivitas aerobik atau 75 menit untuk melakukan aktivitas aerobik yang kuat seperti jogging. Sebaiknya dipecah ke beberapa hari dalam satu pekan, tidak dilakukan dalam satu hari.

Apa yang kita makan juga dapat mempengaruhi daya ingat kita. Berikut beberapa jenis makanan yang baik bagi otak, khususnya dapat meningkatkan daya ingat.

4 Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat

1. Sayuran

Konsumsi sayuran memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan dan serat yang terdapat pada sayuran baik untuk tubuh kita. Tidak hanya itu, rutin konsumsi sayuran terutama sayuran yang berdaun hijau gelap dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat. Makanan berdaun hijau gelap seperti brokoli dan bayam.

2. Berry dan Cherry

Buah-buahan yang termasuk kedalam berry seperti blackberry dan blueberry merupakan sumber baik dari senyawa anthocyanin dan flavonoid. Cherry juga mengandung kedua senyawa tersebut. Kedua senyawa tersebut terbukti dapat meningkatkan fungsi otak.

3. Omega 3

Bukan hal asing lagi bila kita berkata tentang meningkatkan fungsi otak pasti selalu dikaitkan dengan asam lemak omega 3 dan asam docosahexaenoic (DHA). Menurut Andrea Giancoli, RD (Ahli Diet) mengatakan "DHA adalah asam lemak terbanyak yang ada pada otak. Masuk akal bila kita memiliki lebih tinggi DHA dalam darah, maka otak akan bekerja lebih efisien."

Ganggang,seafood dan ikan berlemak-seperti salmon,sarden,tuna sirip biru dan ikan haring- merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega 3.

4. Kenari

Selain baik bagi kesehatan jantung, kenari juga baik bagi kesehatan otak. Meskipun tidak ada jaminan daya ingat Anda akan meningkat setelah konsumsi kenari namun hal yang pasti kenari sanagat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. 

Cukup sekian informasi mengenai Cara menjaga ingtan tetap tajam, cara meningkatkan daya ingat dan makan yang baik bagi fungsi otak. Semoga bisa bermanfaat. Boleh di share kok. Terima kasih.

Thank you for reading Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Otak"

Post a Comment