Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan

Read More


Lobak putih merupakan salah satu sayuran yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan pada lobak putih dapat membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit serta kandungan lain dari lobak putih membuatnya sangat baik bagi kesehatan.

Tidak sedikit masakan china dan jepang yang menggunakan lobak putih sebagai bahan utamanya. Selain karena rasanya yang enak tapi juga karena manfaat yang bisa didapatkan tubuh setelah mengkonsumsinya. 

7 Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan

1. Anti Kanker

Studi menunjukan, makan makanan yang kaya akan phytochemical mampu mengurangi resiko terkena beberapa jenis kanker. Dan lobak putih merupakan salah satu sayuran yang mengandung enzim anti kanker.

Dalam Makalah yang dipresentasikan oleh TJ O'Hare dan timnya dari Queensland Horticulture Institute, mereka menunjukan fakta bila daikon atau lobak putih memiliki kandungan glucoraphanin yang tinggi. Glucoraphanin memiliki sifat anti kanker dan anti inflamasi.

Makalah ini berjudul "Glucosinolate Composition and Anti Cancer Potential of Daikon and Radish Sprout" yang di presentasikan di International Symposium on Plants as Food and Medicine (XXVII International Horticultural Congress-IHC2006) 

2. Anti Bakteri

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Japan's Kyoto Prefecture University's Department of Food Sciences and Nutritional Health menunjukan bahwa saikon atau lobak putih memiliki kandungan myrosinase, dimana enzim ini memiliki sifat antimikroba dan antimutagenic.

Dengan rutin konsumsi lobak putih akan membantu Anda melawan infeksi bakteri dan virus. Selain itu masalah kulit seperti jerawat dan eksim dapat diatasi dengan lobak putih. Anda bisa membuat jus lobak putih untuk kemudian dioleskan ke kulit yang terinfeksi.

3. Meningkatkan Fungsi Ginjal dan Menghilangkan Racun

Studi dan analisis laboratorium menunjukan bahwa jus lobak mentah kaya akan enzim pencernaan seperti enzim diastase,esterase dan amilase. Enzim-enzim ini akan mengubah lemak, protein dan karbohidrat kompleks menjadi senyawa yang mudah dicerna. 

Efek diuretik pada lobak putih membuatnya dapat membantu ginjal dalam mengolah "sampah" secara efisien, karena hal itulah lobak putih dapat meningkatkan fungsi ginjal. Ini juga dapat membersihkan darah dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Perlu diketahui, enzim yang disebutkan tadi di atas akan hilang dalam 30 menit setelah lobak putih di iris, untuk itu makanlah segera setelah diiris untuk mendapat manfaat dari enzim tersebut.

4. Dekongestan

Enzim yang terdapat pada lobak putih akan membantu menghilangkan penyumbatan paru-paru dengan cara melarutkan lendir dan dan dahak serta menghapusnya dari tubuh kita. Hal ini dapat membuka saluran pernafasan dan mengurangi peradangan. Ini efektif dijadikan obat alami untuk bronkhitis,flu dan asma.

5. Makanan Alkali

Lobak putih merupakan makanan alkali yang dapat menyeimbangkan pH tubuh. Terlau banayak memakan makanan asam seperti daging, produk susu, ikan dan ayam dapat membuat pH tubuh menjadi asam dan ini akan mengganggu kesehatan. Untuk menyeimbangkannya kembali kita perlu konsumsi makanan alkali. Sebagai pegangan kita harus makan makann alkali sebanyak 65% dan makanan asam 35%.

6. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang disebutkan di atas bahwa lobak putih mengandung enzim yang dapat mengubah lemak,protein dan karbohidrat kompleks menjadi senyawa yang mudah dicerna. Selain itu kandunag serat pada lobak putih juga dapat membantu menurunkan berat badan.

7. Rendah Kalori

Lobak putih merupakan makanan yang rendah kalori. Ini membuatnya baik untuk diet Anda. Selain itu Anda pun akan mendapatkan antioksidan, vitamin ,mineral, elektrolit dan serat pangan dengan konsumsi lobak putih ini.

Kandungan Nutrisi Lobak Putih 

Sumber : USDA 
Resiko Kesehatan

Pada umumnya lobak putih aman untuk dikonsumsi namun untuk wanita yang sedang hamil dan menyusui memperhatikan asupan lobak putih. Konsumsilah sesuai yang direkomendasikan dokter, jangan berlebihan. 

Terlalu berlebihan konsumsi lobak putih dapat menyebabkan iritasi di saluran pencernaan.

Tips 
  • Hindari membeli lobak putih yang lemas dan lembek. Pilihlah yang tegas dan renyah.
  • Bila Anda memebeli lobak yang memiliki daun, segeralah potong. Daun lobak dapat menarik nutrisi lobak.
  • Konsumsilah sesegera mungkin ketika sudah diiris. Karena 30 menit kemudian lobak yang sudah diiris akan kehilangan beberapa enzim yang baik bagi kesehatan.
  • Jika Anda membeli untuk disimpan, sebaiknya cuci bersih dan keringkan kemudian bungkus masing-masing lobak dengan cling film atau plastic wrap kemudian simpan di laci lemari es.

Thank you for reading Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan"

Post a Comment