6 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Read More


Berbagai manfaat teh hitam untuk kesehatan tentunya tak kalah hebat dari manfaat teh hijau yang sudah banyak diketahui hingga saat ini. Pasalnya di dalam teh hitam ini juga mengandung fluoride, polifenol, serta mineral yang memang baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja karena keberadaannya tidak umum seperti teh lain pada umumnya, manfaat dari teh hitam ini masih jarang diketahui banyak orang.

Selain itu, teh hitam ini juga dikenal sebagai saah satu sumber antioksidan yang cukup tinggi. Beberapa diantaranya adalah guanin, tanin, purin, xanthine, ester garlic, hingga catechin. Maka dari itulah teh hitam ini juga diketahui baik untuk diet. Namun selain bermanfaat untuk diet, tentu masih banyak manfaat lain dari teh hitam ini. Bagi Anda yang penasaran, maka inilah beberapa manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh kita.

1. Membantu Mencegah Kanker

Salah satu manfaat yang menakjubkan dari teh hitam ini adalah dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Ya, karena seperti yang telah dijelaskan di atas sebelumnya, bahwa teh hitam ini memiliki kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut diyakini mampu mencegah pembentukan karsinogen yang berpotensi memicu kanker paru-paru, rahim, prostat, kandung kemih, dan kanker perut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, teh hitam juga ternyata dikenal memiliki kandungan yang dapat membantu mencegah kadar kolesterol jahat hingga dapat membantu membersihkan pembuluh darah. Dengan begitu, sirkulasi darah akan menjadi lancar dan kinerja jantung pun akan menjadi lebih ringan. Sehingga kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik saat mengkonsumsi teh hitam secara rutin dan teratur.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan anti-oksidan yang sangat tinggi di dalam teh hitam ini juga ternyata dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Salah satunya yakni melalui kandungan tanin yang terdapat di dalam teh hitam ini. Dimana kandungan tersebut dapat membantu mengatasi dan menghilangkan virus yang menyebabkan flu dan juga radang di dalam tubuh. Maka dari itulah mengapa teh hitam ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

4. Meredakan Stres dan Meningkatkan Konsentrasi

Mengkonsumsi empat gelas teh hitam dalam sehari ternyata diyakini dapat membantu meredakan stres yang disebabkan oleh banyak hal. Selain itu, meminum teh hitam secara rutin dan teratur juga diketahui dapat membuat tingkat konsentrasi meningkat dan membuat seseorang mudah berkonsentrasi. Hal tersebut karena kandungan yang terdapat di dalam teh hitam ini juga mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Satu lagi manfaat menakjubkan dari teh hitam ini adalah dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Hal tersebut diketahui karena teh hitam ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hitam juga memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi. Terlebih, teh hitam juga dikenal memiliki kandungan fluoride yang dapat membantu mencegah aroma tak sedap pada mulut.


6. Menangkal Radikal Bebas

Ya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa fungsi utama dari kandungan antioksidan adalah untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya. Namun dengan mengkonsumsi teh hitam secara rutin dan teratur, tubuh dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gumpalan darah, pertumbuhan sel kanker, hingga penyebab penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu, cobalah untuk rutin dan teratur mengkonsumsi teh hitam agar terlindungi dari radikal bebas.

Itulah 6 manfaat teh hitam untuk kesehatan yang mungkin hingga saat ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Selain varian teh hijau atau teh merah, teh hitam juga tentunya memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Semoga informasi kesehatan di atas dapat menjasdi referensi yang membantu serta bermanfaat.

Thank you for reading 6 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan"

Post a Comment