Pertolongan Pertama Saat Keluarga Terkena Angin Duduk

Read More



Angina atau lebih dikenal dengan istilah 'angin duduk' adalah salah satu gangguan jantung dengan rasa sesak, nyeri, hingga terbakar pada dada. Sering juga diikuti rasa sakit menjalar hingga tenggorokan, lengan hingga punggung.

Dikutip dari St John Ambulance, ketika menemui orang dengan gejala serupa, dianjurkan untuk tetap tenang dan segera hubungi dokter. Kemudian, lakukan beberapa langkah pertolongan pertama berikut:

1. Bantu pasien mendapatkan posisi yang nyaman

Posisi yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan duduk dan menyenderkan punggung pasien pada bantal. Kemudian lipat kaki dan ganjal sela-sela betis dan paha dengan bantal.

2. Berikan obat

Tanyakan apakah ia memiliki obat khusus untuk angina yang ia miliki. Jika ia memilikinya, tanyakan mengenai obat tersebut dan bantu dia untuk mengonsumsinya. Jika tidak, berikan dia satu butir aspirin namun pastikan juga ia tidak memiliki alergi.

3. Beristirahat

Ajak pasien untuk beristirahat selama menunggu bantuan medis. Namun ingat, selalu pantau respons dari orang yang terkena angin duduk. Jika level responsnya menurun, lakukan CPR (Cardiopulmonary Resusication) dengan langkah-langkah ini:

- Tekan dada dengan posisi dua tangan menumpuk
- Lakukan sebanyak 30 kali tanpa mengangkat tangan dari dada. Tekan dada sedalam 5-6 cm setiap kali melakukan kompresi.
- Jika tidak mendapat respon, lakukan napas buatan.

Sumber : detik.com
Thank you for reading Pertolongan Pertama Saat Keluarga Terkena Angin Duduk

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertolongan Pertama Saat Keluarga Terkena Angin Duduk"

Post a Comment