Hal Sederhana yang Tidak Kita Sadari Dapat Menggugurkan Dosa di Bulan Ramadhan !!

Read More


Alhamdulillah, tidak terasa beberapa hari lagi kita akan masuk ke bulan ramadhan, bulan yang sanagat sangat special diaman setiap gerak-gerik kita bisa jadi amal ibadah. Ini merupakan bulan yang tepat untuk dijadikan momentum perubahan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebelum kita masuk ke bulan ramadhan alangkah lebih baiknya bila kita mengetahui keutamaan-keutamaan bulan ramadhan.

Keutamaan Bulan Ramadhan 

Hadits ke-1 

Dari Salman r.a. meriwayatkan : Pada hari terakhir bulan sya'ban, Rasulullah berkhutbah kepada kami, "Wahai manusia, kini telah dekat kepadamu satu bulan yang agung, bulan yang sarat dngan berkah, yang didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik (nilainya) dari seribu bulan. Inilah bulan yang Allah tetapkan shaum pada siang harinya sebagai fardhu, dan sholat Tarawih pada malam harinya sebagai sunnah. 

Barangsiapa ingin mendekatkan dirinya kepada Allah pada bulan ini dengan suatu amalan sunnat, maka pahalanya seolah-olah ia melakukan amalan fardhu pada bulan-bulan yang lain. Dan barng siapa melakukan amalan fardhu pada bulan ini, maka ia akan dibalas dengan pahala seolah-olah telah melakukan tujuh puluh amalan fardhu pada bulan yang lain. Inilah bulan kesabaran dan ganjaran bagi kesabaran yang sejati adalah Surga, bulan ini juga merupakan bulan simpati terhadap sesama. Pada bulan inilah rezeki orang-orang beriman ditambah. Barangsiapa memberi makan (untuk berbuka shaum) kepada orang yang shaum maka kepadanya dibalas dengan keampunan terhadap dosa-dosanya dan dibebaskan dari api neraka Jahannam dan dia juga memperoleh ganjaran yang sama sebagaimana orang yang shaum tadi tanpa sedikit pun mengurangi pahala orang yang shaum itu."

Kami pun berkata, "Ya Rasulullah! Tidak semua orang diantara kami mempunyai sesuatu yang dapat diberikan kepada orang yang shaum untuk berbuka."

Rasulullah saw, menjawab, "Allah akan mengaruniakan balasan ini kepada seseorang yang memberi buka walaupun hanya dengan sebiji kurma, atau seteguk air atau seisap susu. Inilah bulan yang pada sepuluh hari pertamanya Allah menurunkan rahmat, sepuluh hari petengahannya Allah memberikan keampunan, dan pada sepuluh hari yang terakhir Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka Jahannam. Barangsiapa yang meringankan beban hamba sahayanya pada bulan ini, maka Allah Swt. akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah pada bulan ini empat perkara. Dua perkara dapat mendatangkan keridhaan Rabbmu, dan yang dua lagi kamu pasti memerlukannya. Dua perkara yang mendatangkan keridhaan Allah yaitu, hendaknya kalian membaca kalimah thayibah dan istighfar sebanyak-banyaknya. Dan dua perkara yang kita pasti memerlukannya, yaitu hendaknya kamu memohon kepada-Nya untuk masuk Surga dan berlindung kepada-Nya dari api neraka Jahanam. Dan barangsiapa memberi minum kepada orang yang shaum (untuk berbuka), maka Allah akan memberinya minum dari telagaku (Haudh) yang sekali minum saja dia tidak akan merasakan dahaga lagi sehingga dia memasuki surga." (Hr. Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya)

Hadits ke-2

Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Umatku telah dikaruniai lima hal yang istimewa yang belum pernah diberikan kepada umat-umat sebelum mereka: 1. Bau mulut orang yang shaum lebih harum di sisi Allah daripada harum kasturi; 2. Ikan-ikan di lautan memohonkan ampunan bagi mereka hingga mereka berbuka shaum; 3. Allah menghiasi Surga-Nya setiap hari kemudian berfirman,'Sebentar lagi hamba-hamba-Ku yang shalih akan diangkat segala kesusahan dari mereka dan mereka akan datang kepadamu'; 4. Syetan-syetan yang jahat akan dibelenggu supaya tidak dapat bebas menggoda mereka sebagaimana yang biasa mereka lakukan di luar bulan Ramadhan; 5. Pada malam terakhir bulan Ramadhan mereka yang shaum akan diampuni." Rasulullah saw. ditanya, "Wahai Rasulullah, apakah malam itu malam Lailatul Qadar?" Rasulullah saw. menjawab, "Bukan, tetapi selayaknya seorang pekerja itu diberikan upahnya apabila telah menyelesaikan pekerjaannya." (Hr. Ahmad) 

Hadits ke-3

Dari Ka'ab bin Ujrah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Mendekatlah kalian ke mimbar!" Lalu kami pun mendekati mimbar itu. Ketika Rasulullah menaiki tangga mimbar yang pertama, beliau berkata,"Amin." Ketika Beliau Menaiki tangga yang kedua, beliau pun berkata, "Amin." Ketika beliau menaiki tangga yang ketiga, beliau pun berkata, "Amin." Setelah Rasulullah saw. turun dari mimbar, kami pun berkata, "Ya Rasulullah, sungguh kami telah mendengar dari engkau pada hri ini,sesuatu yang belum pernah kami dengar sebelumnya." Rasulullah saw. bersabda, "Ketika aku menaiki tangga pertama, Jibril muncul di hadapanku dan berkata,'Celakalah orang yang mendapati bulan Ramadhan yang penuh berkah, tetapi tidak memperoleh keampunan.' Maka aku berkata,'Amin.' Ketika aku menaiki tangga yang kedua, Jibril berkata,'Celakalah orang yang apabila namamu disebutkan, dia tidak bershalawat ke atasmu.' Aku pun berkata,'Amin.' Ketika aku melangkah ke tangga ketiga, Jibril berkata, 'Celakalah orang yang mendapati ibu bapaknya yang telah tua, atau salah satu dari keduanya, tetapi keduanya tidak menyebabkan orang itu masuk Surga.' Akupun berkata,'Amin'." (Hr. Hakim)

Hadits ke-4

Dari Ubaidah bin Shamit r.a., sesungguhnya pada suatu hari ketika Ramadhan hampir tiba Rasulullah saw, bersabda, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, dimana Allah melimpahkan keberkahan, menurunkan rahmat dan mengampuni dosa-dosamu, menerima do'a-do'amu, melihat atas perlombaan kamu (dalam kebaikan) dan membanggakanmu di hadapan para malaikat. Maka tunjukanlah kepada Allah Swt. kebaikanmu. Sesungguhnya orang yang celaka dalah dia yang terhalang dari rahmat Allah pada bulan ini." (Hr. Thabrani)

Hadits ke-5

Dari Abu sa'id al Khudri r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Setiap hari siang dan malam pada bulan Ramadhan, Allah Tabaraka wa Ta'aalaa membebaskan banyak sekali tahanan dari api neraka. Dan bagi setiap orang Islam, setiap hari siang dan malam ada satu do'anya yang dikabulkan." (Hr.Bazzar-at Targhib)

Hadits ke-6

Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Tiga jenis orang yang do'a mereka tidak ditolak; do'a orang yang shaum hingga ia berbuka, do'anya seorang imam (pemimpin) yang adil dan do'a orang yang dizhalimi, karena Allah mengangkat do'anya itu melintasi awn dan dibukakan baginya pintu-pintu langit dan Allah berfirman,"Aku bersumpah demi kemuliaan-Ku, sesungguhnya Aku pasti menolongmu walaupun pada suatu hari nanti." (Hr.Ahmad)

Hadits ke-7

Dari Ibnu Umar r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda,"Sesungguhnya Allah beserta para malaikat-Nya mengirimkan rahmat kepada orang-orang yang makan sahur." (Hr. Thabrani,Ibnu Hibban-at Targhib)

Hadits ke-8

Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Banyak orang yang shaum tetapi tidak mendapatkan apa-apa dari shaumnya kecuali lapar dan haus, dan abnyak orang yang bangun (shalat) pada malam hari tetapi tidak memperoleh apa-apa dari sholatnya kecuali letih (karena berjaga malam)." (Hr. Ibnu Majah,Nasai,Ibnu Khuzaimah)

Hadits ke-9

Dari Abu Ubaidah r.a berkata,"Aku telah mendengar Rasulullah saw, bersabda, 'Shaum adalah sebagai perisai,selagi dia tidak memecahkan perisai itu'." (Hr. Nasai,Ibnu majah,Ibnu Khuzaimah, dan Hakim)

Hadits ke-10 

Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda,"Barangsiapa berbuka (dengan sengaja) satu hari pada siang hari bulan Ramadhan tanpa rukhsah (kebolehan menurut syariat) atau sakit, maka tidak akan dapat menggantinya walaupun shaum sampai akhir hayatnta." (Hr. Ahmad,Tirmidzi,Abu Dawud,Ibnu Majah)

Setelah mengetahui betapa luar biasanya bulan yang satu ini, berikut ada beberapa hal sederhana yang ternyata dapat menggugurkan dosa-dosa kita di bulan yang suci ini. Sederhana ya sederhana, karena amalan ini biasa kita lakukan jadi bisalah di bilang sederhana.

Hal Sederhana Yang Tidak Kita Sadari Dapat Menggugurkan Dosa Kita di Bulan Ramadhan

1. Bertemu dengan Hari Jum'at dan Bulan Ramadhan serta Sholat Lima Waktu

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Antara sholat yang lima waktu, antara sholat jum'at yang satu dan jum'at berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, diantara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar." (HR. Muslim no.233)

2. Berpuasa di Bulan Ramadhan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no.38 dan Muslim no.760)

Dari Hudzaifah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Keluarga,harta dan anak dapat menjerumuskan seseorang dalam maksiat (fitnah). Namun fitnah itu akan terhapus dengan sholat, shaum, shadaqah, amar ma'ruf (mengajak pada kebaikan) dan nahi munkar (melarang dari kemungkaran)." (HR. Bukhari no.3586 dan muslim no.144)

3. Qiyamul Ramadhan (sholat teraweh)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lau akan diampuni." (HR. Bukhari no.37 dan Muslim no.759)

4. Menghidupkan Sholat Malam pada Lailatul Qadar

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa melaksanakan sholat pada lailatul qadar karena iman da mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no.1901)

Ibnu Rajab Al-Hambaly rahimahullah menerangkan bahwa pengampunan dosa pada lailatul qadar adalah apabila seseorang mendapatkan malam tersebut, sedangkan pengampunan dosa pada puasa Ramadhan dan qiyam Ramadham (sholat teraweh) adalah apabila bulan Ramadhan telah usai. (Lathaif Al-Ma'arif, hlm.365-366)

5. Membayar Zakat Fitrah 

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, ia berkata, "Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah untuk menyucikan orang yang berpuasa dari kata-kata yang sia-sia dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan pada orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah." (HR. Abu Daud no.1609 dan Ibnu Majah no.1827 Al-Hafizh Abu)

Seusai shalat diatas maksudnya setelah sholat idul fitri jadi disarankan membayar zakat sebelum sholat idul fitri.

Sekian informasi mengenai Keutamaan Ramadhan dan amalan penggugur dosa di bulan Ramadhan semoga bermanfaat. Boleh di share kok. Ingat satu kebaikan yang kita lakukan akan berbuah kebaikan pula buat kita. Terima Kasih. 

Thank you for reading Hal Sederhana yang Tidak Kita Sadari Dapat Menggugurkan Dosa di Bulan Ramadhan !!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Sederhana yang Tidak Kita Sadari Dapat Menggugurkan Dosa di Bulan Ramadhan !!"

Post a Comment