7 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Read More


Ubi jalar atau biasa disebut sweet potato ini merupakan tanaman umbi yang tinggi akan karbohidratnya. Di beberapa negara seperti afrika, Ubi jalar ini menjadi makanan pokok. Selain karbohidrat yang tinggi kandungan gizi pada ubi jalar ini sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri ubi jalar biasa di buat gorengan atau bahan campuran bolu. Di jawa barat, ubi jalar biasa di rebus dan jadi makanan pendamping bersama minuman bajigur. Rasanya yang manis dan mengenyangkan menjadi salah satu makanan yang tepat untuk mereka yang sedang diet.

Selain baik bagi Mereka yang ingin menurunkan berat badan, ubi jalar ini memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan. Berikt beberapa manfaat lainnya dari ubi jalar :

Manfaat Ubi Jalar

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan beta karoten pada ubi jalar ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi keduanya mampu menghalau gangguan virus dan bakteri sehingga tubuh kita terjaga dari penyakit.

2. Mencegah Peradangan

Dalam sebuah studi yang di publikasikan oleh Journal of Medicinal Food, ubi jalar memiliki efek anti peradangan (anti infalamasi) dan antilipogenic positif. Anti inflamasi ini berfungsi untuk mencegah peradangan seperti mengurangi rasa sakit pada rematik.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada ubi jalar inilah yang mampu menjaga kesehatan mata. Vitamin A memang dikenal baik bagi kesehatan mata. Selain itu, vitamin C dan E pada ubi jalar terbukti mampu mendukung kesehatan mata dan mencegah dari kerusakan degeneratif. 

4. Baik untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Serat akan mengikat lemak-lemak yang menempel di dinding usus. Dengan terbebasnya lemak-lemak yang menempel di dinding usus maka kesehatan pencernaan pun akan meningkat. 

5. Sumber Energi

Beberapa mineral yang terdapat pada ubi jalar seperti zat besi dan magnesium mampu meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas. Zat besi pun dapat merangsang pembentukan sel darah merah baru.

6. Mencegah Diabetes

Penelitian baru menunjukan ubi jalar mampu mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita penyakit diabetes. Selain itu ubi jalar pun memiliki indeks glikemik yang rendah.

7. Mengurangi Tekanan Darah

Kalium yang terdapat pada ubi jalar mampu menurunkan tekanan darah. Dengan mengurangi asupan natrium dan meningkatkan asupan kalium, tekanan darah kita dapat menurun. Asupan kalium yang tinggi mampu mengurangi 20% rsiko kematian yang diakibatkan tekanan darah tinggi.

Sekian informasi tentang manfaat ubi jalar. Meskipun baik bagi kesehatan, tetap konsumsi secukupnya jangan berlebihan. Terima kasih.

Thank you for reading 7 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan"

Post a Comment