PENGOBATAN DAN GEJALA HERNIA INGUINALIS

Read More

PENGOBATAN DAN GEJALA HERNIA INGUINALIS - Hernia merupakan keadaan ketika organ di dalam badan menekan serta menembus keluar melewati otot atau celah jaringan di sekitarnya yang melemah. Salah satu jenis hernia yang paling umum berlangsung ialah hernia inguinalis. Hernia inguinalis berlangsung ketika beberapa dari usus keluar dari rongga perut melewati dinding bawah perut ke arah sekitar alat kelamin. Perihalini bikin timbulnya benjolan terhadap kantung buah zakar (skrotum), yang bisa berasa sakit atau panas.
 
Pada hernia inguinalis, benjolan kerap kali timbul ketika penderita mengangkat sebuah serta akan menghilang saat dalam posisi berbaring. walau hernia inguinalis sendiri tak berbahaya, keadaan ini beresiko mengarah terhadap komplikasi yang dapatmengkritiskan nyawa. buat menyelesaikan hernia inguinalis yang berasa sakit serta membesar, dokter akan memberi adviceoperasi buat mengembalikan posisi usus serta mengcover celah yang mengakibatkan hernia tersebut 

Gejala Hernia Inguinalis

Melemahnya celah yang bisa mengakibatkan hernia inguinalis tak memunculkan tanda apakah pun, bahkan penderita tak merasaikeadaan ini sampai timbul benjolan pasal hernia. Benjolan akan terlihat atau berasa secara lebih jelas ketika penderita berdiri tegak, terutama bila mereka batuk. Benjolan yang timbul tersebut bisa jadi akan peka pada sentuhan serta berasa sakit Untuk lebih jelasnya, berikut ini ialah sebagian tanda yang menandai hernia inguinalis:

Munculnya benjolan terhadap sisi mana pun di area lipat paha depan Rasa perih atau nyeri terhadap benjolan Bagian selangkangan berasa tidak kuat atau tertekan Bagian selangkangan berasa berat atau layaknya adanya yang tertarik Muncul rasa sakit sertapembengkakan terhadap daerah sekitar testis pasal beberapa usus menembus masuk kantong skrotum Nyeri, mual serta muntah mendadak bila area usus yang keluar terjepit terhadap celah hernia serta tak dapat kembali ke posisi semula Dianjurkan buatdengan cepat memeriksakan diri ke dokter bila Anda merasakan rasa sakit atau dapat menatap benjolan hernia di sekitar selangkangan. Terlebih lagi bila benjolan tersebut berubah warna menjadi merah, ungu, atau gelap Penyebab serta factor resikoHernia Inguinalis.

Salah satu factor yang dipercaya bisa mengakibatkan timbulnya hernia inguinalis ialah factor usia, yaitu ketika otot-otot di sekitar perut mulai melemah. disamping itu, hernia inguinalis juga dapat timbul secara seketika ketika seseorang mengejan dampak dari konstipasi atau mengangkat beban berat. Hernia inguinalis juga dihubungkan dengan penyakit batuk-batuk berat serta menetapBerikut ini ialah sebagian keadaan serta factor yang dapat menaikkan resiko timbulnya hernia inguinalis.
 
Jenis kelamin. Hernia inguinalis lebih lebih memilih berlangsung terhadap laki laki. Bahkan, terhadap anak-anak kecil serta bayi yang merasakan hernia inguinalis juga berjenis kelamin laki-laki Ketika seorang perempuan hamil, mereka akan merasakanpertumbuhan tekanan terhadap area dalam perut serta melemahnya otot-otot perut Kelebihan berat badan. 

Orang yang mempunyai kelebihan berat tubuh kebiasaannya mempunyai tekanan yang lebih banyak terhadap area perut Batuk kronis. Batuk kronis yang salah satunya dikarenakan oleh merokok, akan menaikkan resiko seseorang buat merasakan hernia inguinalis Faktor job terdefinisi jelas. job yang mengharuskan berdiri dalam jangka masa lama atau sesegera mungkin mengangkat beban yang amat berat juga menaikkan resiko terserang hernia inguinalis Kelahiran dini. 

Bayi yang terlahir dini mempunyai kecenderungan buat merasakan hernia inguinalis Riwayat penyakit hernia. bila seseorang pernah merasakan keadaan ini di salah satu sisi tubuh, kebiasaannya dia akan mengalaminya lagi di setelah itu hari terhadap sisi yang satunya Faktor keturunan. 

Bila seseorang mempunyai partisipan keluarga (orang tua atau saudara) yang merasakan hernia inguinalis, tersebutkan posibilitas orang tersebut buat menderita keadaan yang setara juga ada Kondisi klinis terdefinisi jelas. Penderita fibrosis kistik (cystic fibrosis) juga beresiko tinggi buat merasakan hernia inguinalis. Fibrosis kistik ialah keadaan kehancuran paru-paru sakti sekali serta kerap kali mengakibatkan batuk kronis Meski demikian, adanya juga sebagian problematika hernia inguinalis yang tak dikenal penyebabnyaDiagnosis Hernia Inguinalis.

Dokter bisa mencurigai pasien merasakan hernia inguinalis didasarkan gejala-gejala yang dirasainya. buat menguatkan dugaan, dokter akan meninjau riwayat kebugaran pasien serta melaksanakan pengobservasian fisik buat menatap ada benjolan yang timbul di area skrotum. Dokter bisa jadi akan meminta pasien buat berdiri, batuk, atau mengejan supaya hernia yang adanyaterlihat atau bisa diraba lebih jelas Jika result pengobservasian fisik masih belum jelas, tersebutkan dokter bisa jadi akan meminta pasien buat melewati pemindaian terhadap area perut. 

Jenis pemindaian yang biasa dilaksanakan buat problematika ini ialahUSG, CT scan serta MRI. disamping itu, dokter bisa jadi akan memberi advice pasien buat melaksanakan pengobservasian urine fungsi mengeliminasi pengakibat nyeri terhadap skrotum disamping hernia inguinalis.
 
Pengobatan Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis dapat dihandle melewati prosedur operasi buat memaksa kembali benjolan serta buat menguatkan bagian-bagian yang tidak kuat dari dinding abdomen. Prosedur ini akan dilaksanakan bila hernia mengakibatkan tanda yang cukup sakti sekali serta bila timbul komplikasi yang cukup serius.

Komplikasi yang bisa jadi berlangsung ialah hernia inguinalis obstruksi, di mana area dari usus terjepit di dalam saluran inguinalis serta mengakibatkan mual, muntah, sakit perut, dengan didampingibenjolan yang berasa sakit terhadap area selangkangan.
 
Selain itu, komplikasi lainnya ialah hernia inguinalis inkarserata (strangulation), yaitu keadaan ketika usus yang keluar terjepit sertapasokan darahnya terhenti. keadaan ini memerlukan prosedur operasi secepatnya buat melepaskan jaringan yang terperangkap serta mengembalikan pasokan darah supaya tak berlangsung kematian jaringan.
 
Tujuan dari operasi hernia ialah buat mengatasi hernia yang muncul, mencegah timbulnya kembali hernia, dan mencegah komplikasi yang lebih berbahaya. walau demikian, kadang hernia dapat saja timbul kembali sehabis prosedur operasi dilakukan.
 
Ada dua cara operasi buat menyelesaikan hernia inguinalis, yaitu:

Bedah terbuka. Di sini, dokter bedah akan memaksa benjolan hernia ingunalis kembali ke dalam perut melewati sesuatu sayatan besar Laparoskopi atau operasi lubang kunci. Dalam metoda ini, dokter bedah akan bikin sebagian sayatan kecil di area perut. melewati salah satu sayatan, dokter akan memasukkan alat yang dikatakan laparoskop, yaitu sesuatu selang kecil yang ditambahikamera serta lampu kecil terhadap area ujungnya. Kamera akan memperlihatkan keadaan di dalam perut terhadap sesuatumonitor. melewati panduan kamera ini, dokter setelah itu akan memasukkan alat-alat bedah khusus melewati lubang sayatan lainnya buat menarik hernia kembali ke tempatnya.

Beberapa pengaruh samping yang bisa muncul dampak operasi perbaikan hernia inguinalis adalah:
  • Munculnya pembengkakan serta retak terhadap area testikel Penumpukan cairan serta darah di ruang bekas hernia timbul. kebiasaannya keadaan ini akan pulih dengan sendirinya dengan tidak perawatan khusus Rasa sakit serta meninggal rasa di areaselangkangan pasal berlangsung cedera atau penekanan terhadap syaraf saat dilakukannya prosedur operasi Pencegahan Hernia Inguinalis
  • Anda bisa kurangi tekanan di dalam rongga perut fungsi membuat turun resiko terjadinya hernia inguinalis dengan cara:
  • Mengonsumsi makanan kaya akan serat Menghindari mengangkat beban yang terlampau berat atau melaksanakannya dengan perlahan Menghentikan habit merokok Menjaga berat tubuh supaya tetap dalam batasan ideal serta bugar.
Thank you for reading PENGOBATAN DAN GEJALA HERNIA INGUINALIS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGOBATAN DAN GEJALA HERNIA INGUINALIS"

Post a Comment