Obat Herbal Sakit Gondok atau Penyakit Hipertiroid

Read More

Suatu keadaan dimana suatu kelenjar tiroid yang terlampau aktif menghasilkan suatu hitungan yang berlebihan dari hormon-hormon tiroid yang beredar dalam darah. Thyrotoxicosis ialah suatu keadaan keracunan yang dikarenakan oleh suatu kelebihan hormon-hormon tiroid dari pengakibat mana saja. Thyrotoxicosis bisa dikarenakan oleh suatu pemasukan yang berlebihan dari hormon-hormon tiroid atau oleh keluaran hormon-hormon tiroid yang berlebihan oleh kelenjar tiroid. pasal kedua-duanya dokter serta pasien seringkali memakaikan kata-kata ini yang bisa dipertukarkan, kami akan mengambil sebagian kebebasan dengan memakaikan istilah "hipertiroid" diseluruh makalah ini. 

HIPERTIROID ialah pertumbuhan hormon tiroid dalam darah. tanda yang dirasakan antara lain rasa gemetar jari-jari tangan, badanlemas, jantung berdebar cepat, berkeringat banyak meskipun Berposisi dalam suhu yang dingin, tubuh makin kurus meskipunporsi makan banyak, dan terhadap kondisi lebih lanjut didampingi diare. Di area leher, kadang didampingi pembesaran kelenjar gondok. 

Beberapa pengakibat hipertiroid antara lain ada grave dalam autoimun, pengeluaran abnormal Thyroid Stimulating Hormon, peradangan kelenjar tiroid, bentuk makanan yodium yang berlebihan, kanker pituitari, serta penggunaan obat-obatan layaknyaamiodarone. 

Hipertiroid ditandai oleh sebagian gejala, walau terhadap pasien berhiperteroid gampang tak adanya gejala. terhadap pasien umur lebih dari 70 tahun, gejala serta tanda khas posibilitas juga tak adanya. terhadap umumnya, gejala-gejala menjadi lebih jelas ketika derajat hipertiroid menaik. terhadap wanita, hiperteroid ditandai oleh kurangnya konsentrasi serta permasalahan haid yang tak teratur. 

Hiperteroid dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, cacat bawaan, hingga kematian bayi. Dampaknya bagi anak-anak, remaja, serta orang dewasa antara lain terhambatnya pertumbuhan, gondok, kehancuran guna mental, serta lebih ringkih sekali terserangradiasi nuklir. 

Tersedia sebagian jenis penyembuhan buat hipertiroid. Dokter mempunyai resep buat obat antitiroid serta iodium radioaktif fungsi memperlambat keluaran hormon tiroksin. Kadang, diperlukan perlakuan bedah buat mengangkat beberapa kelenjar tiroid. bila diabaikan, keadaan hipertiroid dapat berakibat fatal. Namun demikian, keseringan orang dengan hipertiroid merespon penyembuhan secara baik. 

Jika Anda merasakan tanda hipertiroid, sebagusnya dengan cepat ke dokter serta memaparkan seluruh gejala yang dihadapi. Dokter dapat jadi akan meminta Anda melaksanakan uji darah sebagai langkah awal diagnosis, serta selanjutnya-dapat ditentukan penyembuhan yang tepat. 

Hormon-Hormon Tiroid

Hormon-hormon tiroid menstimulasi metabolisme dari sel-sel. Mereka diproduksi oleh kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid bertempat terhadap area bawah leher, dibawah Adam's. apple. Kelenjar membungkus sekeliling saluran udara (trachea) serta memiliki suatu bentuk yang menyerupai kupu-kupu yang dibentuk oleh dua sayap (lobes) serta dilekatkan oleh suatu area tengah (isthmus). 

Kelenjar tiroid mengambil yodium dari darah (yang keseringan datang dari makanan-makanan layaknya seafood, roti, serta garam) serta menggunakannya buat memproduksi hormon-hormon tiroid. Dua hormon-hormon tiroid yang paling serius ialah thyroxine (T4) serta triiodothyronine (T3) mewakili 999%. serta 01%. dari masing-masing hormon-hormon tiroid. Hormon yang paling aktif secara biologi (contohnya, pengaruh yang paling besar terhadap tubuh) sesungguhnya ialah T3. Sekali dilepas dari kelenjar tiroid kedalam darah, suatu hitungan yang besar dari T4 dirubah ke T3 - hormon yang lebih aktif yang memberi efek metabolisme sel-sel.
 
Pengaturan Hormon Tiroid - Rantai Komando

Tiroid sendiri diatur oleh kelenjar lain yang berlokasi di otak, dikatakan pituitari. terhadap gilirannya, pituitari diatur beberapa oleh hormon tiroid yang beredar dalam darah (suatu pengaruh umpan balik dari hormon tiroid terhadap kelenjar pituitari) sertabeberapa oleh kelenjar lain yang dikatakan hipothalamus, juga suatu area dari otak. 

Hipothalamus melepaskan suatu hormon yang dikatakan thyrotropin releasing hormone (TRH), yang mentransfer sesuatu signal ke pituitari buat melepaskan thyroid stimulating hormone (TSH). terhadap gilirannya, TSH mentransfer sesuatu signal ke tiroid buatmelepas hormon-hormon tiroid. bila kegiatan yang berlebihan dari yang mana saja dari tiga kelenjar-kelenjar ini terjadi, suatu hitungan hormon-hormon tiroid yang berlebihan bisa dihasilkan, dengan demikian berakibat terhadap hipertiroid. 

Angka atau kelajuan keluaran hormon tiroid dikontrol oleh kelenjar pituitari. bila tak adanya cukup hitungan hormon tiroid yang beredar dalam badan buat mengizinkan guna yang normal, pelepasan TSH ditingkatkan oleh pituitari dalam suatu usahanya buatmenstimulasi tiroid buat memproduksi lebih banyak hormon tiroid. Sebaliknya, ketika adanya suatu hitungan berlebihan dari hormon tiroid yang beredar, pelepasan TSH dikurangi ketika pituitari mencoba buat kurangi keluaran hormon tiroid. 

Penyebab-Penyebab Hipertiroid
Beberapa penyebab-penyebab umum dari hipertiroid termasuk:
  • Penyakit Graves
  • Functioning adenoma ("hot nodule") serta Toxic Multinodular Goiter (TMNG)
  • Pemasukkan yang berlebihan dari hormon-hormo tiroid
  • Pengeluaran yang abnormal dari TSH
  • Tiroiditis (peradangan kelenjar tiroid)
  • Pemasukkan yodium yang berlebihan

Penyakit Graves

Penyakit Graves, yang dikarenakan oleh suatu kegiatan yang berlebihan dari kelenjar tiroid yang disama ratakan, ialah pengakibatyang paling umum dari hipertiroid. terhadap keadaan ini, kelenjar tiroid kebiasaannya ialah pengkhianat, yang bermakna ia sudahkehilangan kemampuannya buat merespon terhadap Kendalikan yang biasa saja oleh kelenjar pituitari via TSH. Penyakit Graves ialah diturunkan/diwariskan serta ialah sampai lima kali lebih umum diantara wanita-wanita alih alih pria-pria. Penyakit Graves diramalkan ialah suatu penyakit autoimun, serta antibodi-antibodi yang ialah karakteristik-karakteristik dari penyakit ini bisa jadidiciptakan dalam darah. Antibodi-antibodi ini diantaranya thyroid stimulating immunoglobulin (TSI antibodies), thyroid peroxidase antibodies (TPO), serta antibodi-antibodi reseptor TSH. 

Pencetus-pencetus buat penyakit Grave termasuk:
  • stres
  • merokok
  • radiasi terhadap leher
  • obat-obatan dan
  • organisme-organisme yang mengakibatkan infeksi layaknya virus-virus 

Penyakit Graves bisa didiagnosis dengan suatu scan tiroid dengan obat nuklir yang standar yang tunjukkan secara panjang lebar pengambilan yang menaik dari suatu yodium yang dilabel dengan radioaktif. Sebagai tambahan, sesuatu uji darah bisa jadimengungkap tingkat-tingkat TSI yang menaik. 

Penyakit Grave'. bisa jadi berkaitan dengan penyakit mata (Graves'. ophthalmopathy) serta luka-luka kulit (dermopathy). Ophthalmopathy bisa berlangsung sebelum, sesudah, atau terhadap saat yang setara dengan hipertiroid. terhadap awalnya, ia bisa jadi mengakibatkan kepekaan pada cahaya serta suatu perasaan dari "ada pasir didalam mata-mata". Mata-mata bisa jadimenonjol keluar serta penglihatan ganda (dobel) bisa terjadi. Derajat dari ophthalmopathy diperburuk terhadap mereka yang merokok. Jalannya penyakit mata seringkali tak bergantung dari penyakit tiroid, serta terapi steroid bisa jadi butuh buatmengendalikan peradangan yang mengakibatkan ophthalmopathy. Sebagai tambahan, intervensi secara operasi bisa jadidiperlukan. keadaan kulit (dermopathy) ialah jarang serta mengakibatkan suatu ruam kulit yang dengan tidak sakit, merah, takhalus yang tampak terhadap muka dari kaki-kaki.
 
Functioning Adenoma serta Toxic Multinodular Goiter

Kelenjar tiroid (seperti banyak area-area lain dari tubuh) menjadi lebih bergumpal-gumpal ketika kita menua. terhadap keseringankasus-kasus, gumpal-gumpal ini tak memproduksi hormon-hormon tiroid serta tak membutuhkan perawatan. Adakalanya, suatu benjolan bisa jadi menjadi "otonomi", yang bermakna jikalau ia tak merespon terhadap pengaturan pituitari via TSH sertamemproduksi hormon-hormon tiroid dengan bebas. Ini menjadi lebih bisa jadi bila benjolan lebih besar dari 3 cm. Ketika adanyasuatu benjolan (nodule) tunggal yang memproduksi secara bebas hormon-hormon tiroid, itu dikatakan suatu functioning nodule. bila adanya lebih dari satu functioning nodule, istilah toxic multinodular goiter (gondokan) dipakai. Functioning nodules bisa jadisiap dideteksi dengan suatu thyroid scan 
Pemasukkan hormon-hormon tiroid yang berlebihan.

Mengambil terlampau banyak obat hormon tiroid sesungguhnya ialah sungguh umum. Dosis-dosis hormon-hormon tiroid yang berlebihan seringkali tak teranalisa dikarenakan kurangnya follow-up dari pasien-pasien yang meminum obat tiroid mereka. Orang-orang lain bisa jadi menyalahgunakan obat dalam suatu usaha buat mencapai tujuan-tujuan lain layaknya membuat turun berat badan. Pasien-pasien ini bisa diidentifikasikan dengan menemukan suatu pengambilan yodium berlabel radioaktif yang rendah (radioiodine) terhadap suatu thyroid scan.
 
Pengeluaran abnormal dari TSH

Sebuah tmor didalam kelenjar pituitari bisa jadi menghasilkan suatu pengeluaran dari TSH (thyroid stimulating hormone) yang tingginya abnormal. Ini menjurus terhadap gejala yang berlebihan terhadap kelenjar tiroid buat menghasilkan hormon-hormon tiroid. keadaan ini ialah amat jarang serta bisa dihubungkan dengan kelainan-kelainan lain dari kelenjar pituitari. buatmengidentifikasi kekacauan ini, seorang endocrinologist melaksanakan tes-tes terperinci buat menilai pelepasan dari TSH.
 
Tiroiditis (peradangan dari tiroid)

Peradangan dari kelenjar tiroid bisa jadi berlangsung sehabis suatu penyakit virus (subacute thyroiditis). keadaan ini berkaitandengan suatu demam serta suatu sakit leher yang seringkali sakit terhadap masa menelan. Kelenjar tiroid juga lunak bila disentuh. bisa jadi adanya sakit-sakit leher serta nyeri-nyeri yang disama ratakan. Peradangan kelenjar dengan suatu akumulasi sel-sel darah putih diketahui sebagai lymphocytes (lymphocytic thyroiditis) bisa jadi juga terjadi. terhadap kedua kondisi-kondisi ini, peradangan tidak membawa kelenjar tiroid "bocor", sehingga hitungan hormon tiroid yang masuk ke darah menaik. Lymphocytic thyroiditis ialah paling umum sehabis suatu kehamilan serta bisa sesungguhnya berlangsung terhadap sampai dengan 8 % dari wanita-wanita sehabis melahirkan. terhadap kasus-kasus ini,fase hipertiroid bisa terjadi dari 4 sampai 12 minggu serta seringkali diikuti oleh suatu phase hipotiroid (hasil tiroid yang rendah) yang bisa terjadi sampai 6 bulan. Mayoritas dari wanita-wanita yang terpengaruh kembali ke suatu kondisi guna tiroid yang biasa saja. Tiroiditis bisa didiagnosis dengan suatu thyroid scan.
 
Pemasukkan Yodium yang berlebihan

Kelenjar tiroid memakaikan yodium buat bikin hormon-hormon tiroid. Suatu kelebihan yodium bisa mengakibatkan hipertiroid. Hipertiroid yang dipengaruhi/diinduksi oleh yodium kebiasaannya terlihat terhadap pasien-pasien yang sudah memiliki kelenjar tiroid abnormal yang mendasarinya. Obat-obat tertentu, layaknya amiodarone (Cordarone), yang dipakai dalam perawatan persoalan-persoalan jantung, mengandung suatu hitungan yodium yang besar serta bisa jadi berhubungan dengan kelainan-kelainan guna tiroid. 

Para penggemar sushi, sebagusnya tak berlebihan mengonsumsi makanan ini. Pasalnya, mengonsumsi sushi dengan berlebihan dapat berdampak terhadap kelenjar tiroid. penelitian yang dilaksanakan oleh Dieticians Association of Australia sudahmemperingatkan jikalau terlampau banyak makan sushi dapat berakibat buruk bagi kebugaran. Perihal ini pasal rumput laut yang membungkus sushi dapat mematikan bagi kelenjar tiroid bila dikonsumsi berlebihan. 

Dalam penelitian tersebut dikenal jikalau kadar iodium yang terdapat dalam rumput laut tersebut tinggi. Sehingga para ahli menyarankan buat tak mengonsumsi sushi lebih dari 2-3 gulungan dalam seminggu. rujukan oleh data Food Standards Australia-New Zealand, dalam satu gulung sushi dapat mengandung iodium sejumlah 92 mikrogram. sementara para ahli menyarankanhitungan tertinggi bentuk makanan harian iodium ialah 150 mikrogram. 

Jika bentuk makanan iodium yang masuk ke badan berlebihan, tersebutkan akan menimbulkan terjadinya hipertiroid (kelebihan hormon tiroid). Kelenjar tiroid mengambil iodium dari darah serta menggunakannya buat memproduksi hormon-hormon tiroid. asal pati iodium ini keseringan berasal dari makanan layaknya seafood, roti serta garam. 

Kelebihan hormon tiroid ini lebih banyak berlangsung terhadap wanita dibandingkan dengan laki-laki. metode mendiagnosisnya dengan melaksanakan uji pemeriksaan labor buat menatap kadar hormon T3, T4 serta THS. bila kadar hormon tiroid tinggi sertakadar hormon THS rendah, Perihal ini mengindikasikan kelenjar tiroid terlampau aktif. 

Gejala-Gejala Hipertiroid

Hipertiroid disarankan oleh sebagian tanda-tanda serta gejala-gejala; bagaimanapun, pasien-pasien dengan penyakit yang gampang kebiasaannya tak merasakan gejala-gejala. terhadap pasien-pasien yang lebih tua dari 70 tahun, tanda-tanda sertagejala-gejala yang khas bisa jadi juga tak hadir. terhadap umumnya, gejala-gejala menjadi lebih jelas ketika derajat hipertiroid menaik. Gejala-gejala kebiasaannya berhubungan dengan suatu pertumbuhan kelajuan metabolisme badan. 

Untuk mengenali apa seseorang mengidap penyakit hipertiroid ,berikut Gejala-gejala umum yang kerap berlangsung terhadappenderita hipertiroid :
  • Keringat berlebihan
  • Ketidaktoleranan panas
  • Pergerakan-pergerakan usus besar yang meningkat
  • Gemetaran, dan Tremor terhadap tangan
  • Kegelisahan; agitasi
  • Meningkatnya detak jantung, Denyut jantung yang cepat
  • Kehilangan berat badan, Kurus, makan banyak tapi tak dapat gemuk
  • Kelelahan
  • Konsentrasi yang berkurang
  • Aliran menstrual yang tak teratur serta sedikit
  • Penurunan berat tubuh yang drastis. tubuh tampak kurus walaupun makannya banyak Mudah nervous
  • Mudah terangsang emosinya (cepat marah)
  • Lemah
  • Sukar tidur
  • Mata besar (membelalak = exophthalmus)
  • Keluhan lain terhadap mata (spt nyeri, sensitif cahaya, kelainan penglihatan serta conjunctivitis)
  • Kelenjar gondok membesar (struma nodosa) atau dapat juga tak 

Pada pasien-pasien yang lebih tua, irama-irama jantung yang tak teratur serta gagal jantung bisa terjadi. terhadap bentuk yang paling parahnya, hipertiroid yang tak dirawat bisa jadi berakibat terhadap "thyroid storm," suatu keadaan yang melibatkan tekanan darah tinggi, demam, serta gagal jantung. Perubahan-perubahan mental, layaknya kebingungan serta kegila-gilaan, juga bisa jadi terjadi.
 
Mendiagnosis Hipertiroid
Hipertiroid bisa dicurigai terhadap pasien-pasien dengan:
  • gemetaran-gemetaran,
  • keringat berlebihan,
  • kulit yang layaknya beludru halus,
  • rambut halus,
  • suatu denyut jantung yang laju dan
  • suatu pembesaran kelenjar tiroid 

Mungkin adanya kondisi bengkak sekeliling mata-mata serta suatu tatapan yang karekteristik dikarenakan oleh peninggian dari kelopak-kelopak mata area atas. Gejala-gejala yang lebih lanjut kebiasaannya lebih gampang dideteksi, namun gejala-gejala awal, terutama terhadap orang-orang yang lebih tua, bisa jadi tak cukup menyolok mata. terhadap seluruh kasus-kasus, suatu uji darah diperlukan buat mengkonfirmasi diagnosisnya. 

Tingkat-tingkat darah dari hormon-hormon tiroid bisa diukur secara langsung serta kebiasaannya menaik dengan hipertiroid. Bagaimanapun, alat utama buat mendeteksi hipertiroid ialah pengukuran status darah TSH. layaknya disebutkan lebih awal, TSH dikeluakan oleh kelenjar pituitari. bila suatu hitungan hormon tiroid yang berlebihan hadir, TSH diatur buat turun serta status TSH turun dalam suatu usaha buat kurangi keluaran hormon tiroid. Jadi, pengukuran TSH sesegera mungkin berakibat terhadaptingkat-tingkat yang rendah atau tak teranalisa terhadap kasus-kasus hipertiroid. Bagaimanapun, adanya satu pengecualian. bilahitungan hormon tiorid yang berlebihan dikarenakan oleh suatu tumor pituitari yang mengeluarkan TSH, tersebutkan tingkat-tingkat TSH akan menjadi tingginya tak biasa saja. Penyakit tak umum ini diketahui sebagai "hipertiroid sekunder". 

Meskipun tes-tes darah yang disebutkan lebih awal bisa mengkonfirmasi kedatangan dari hormon tiroid yang berlebihan, mereka tak menunjuk terhadap suatu pengakibat spesifik. bila adanya kelibatan yang jelas dari mata-mata, suatu diagnosis dari penyakit Graves ialah hampir pasti. Suatu kombinasi dari screening antibodi (untuk penyakit Graves) serta suatu thyroid scan memakaikanyodium yang dilabel radioaktif (yang berkonsentrasi terhadap kelenjar tiroid) bisa menolong mendiagnosis penyakit tiroid yang mendasarinya. Investigasi-investigasi ini dipilih atas basis problematika per problematika. 

Merawat Hipertiroid
Pilihan-pilihan buat menjaga hipertiroid termasuk:
  • Merawat gejala-gejala
  • Obat-obat anti-tiroid
  • Yodium ber-radioaktif

Merawat gejala-gejala secara operasi
Merawat gejala-gejala

Ada tersedia obat-obat buat menjaga dengan cepat gejala-gejala yang dikarenakan oleh kelebihan hormon-hormon tiroid, layaknya suatu denyut jantung yang laju. Satu dari golongan-golongan utama obat-obat yang dipakai buat menjaga gejala-gejala ini ialah beta-blockers [contohnya, propranolol (Inderal), atenolol (Tenormin), metoprolol (Lopressor)]. Obat-obat ini menetralkan/meniadakan efek-efek dari hormon tiroid buat menaikkan metabolisme, namun mereka tak merubah tingkat-tingkat hormon-hormon tiroid dalam darah. Seorang dokter mematokkan pasien-pasien mana yang dirawat didasarkan terhadapsebanyak faktor-faktor tidak tetap (variables) diantaranya pengakibat yang mendasari hipertiroid, usia pasien, ukuran kelenjar tiroid, serta kedatangan dari penyakit-penyakit klinis yang adanya bersamaan.
 
Obat-obat Anti-Tiroid 

Ada dua obat-obat antitiroid utama tersedia buat pemakaian di Amerika, methimazole (Tapazole) serta propylthiouracil ( PTU). Obat-obat ini berakumulasi di jaringan tiroid serta menghambat keluaran hormon-hormon tiroid. PTU juga menghambat konversi dari hormon T4 ke hormon T3 yang secara metabolisme lebih aktif. resiko utama dari obat-obat ini ialah penekanan sekali-kali dari keluaran sel-sel darah putih oleh sumsum tulang (agranulocytosis). Sel-sel putih diperlukan buat menghadapi infeksi. ialah tak bisa jadi buat menyampaikan bila serta kapan pengaruh sampingan ini akan terjadi, jadi penentuan sel-sel darah putih dalam darah secara teratur ialah tak berguna. 

Adalah serius buat pasien-pasien mengenali jikalau bila mereka mendevelop suatu demam, suatu sakit tenggorokan, atau tanda-tanda apakah saja dari infeksi ketika meminum methimazole atau propylthiouracil, mereka sesegera mungkin dengan cepatmengunjungi seorang dokter. Ketika adanya suatu kekhwatiran, resiko sesungguhnya dari mendevelop agranulocytosis ialah lebih kecil dari 1%. terhadap umumnya, pasien-pasien sesegera mungkin dijumpai oleh dokter terhadap interval-interval bulanan sepanjang meminum obat-obat antitiroid. Dosis disesuaikan buat mempertahankan pasien sedekat bisa jadi terhadap suatu kondisi tiroid yang biasa saja (euthyroid). Sekali dosis stabil, pasien-pasien bisa dijumpai terhadap interval-interval tiga bulan bilaterapi jangka panjang direncanakan 
Biasanya, terapi antitiroid jangka panjang cuma dipakai buat pasien-pasien dengan penyakit Graves, pasal penyakit ini bisa jadisesungguhnya sembuh dibawah perawatan dengan tidak membutuhkan radiasi tiroid atau operasi. bila dirawat dari satu sampai dua tahun, data tunjukkan angka-angka kesembuhan dari 40%-70%. Ketika penyakitnya sembuh, kelenjarnya tak lagi aktif berlebihan, serta obat antitiroid tak diperlukan. 

Studi-studi akhir-akhir ini sudah tunjukkan jikalau memperbanyak suatu pil hormon tiroid terhadap obat antitiroid sesungguhnyaberakibat terhadap angka-angka kesembuhan yang lebih tinggi. basis pemikiran buat ini bisa jadi ialah jikalau dengan menyediakan suatu asal pati luar buat hormon tiroid, dosis-dosis obat-obat antitiroid yang lebih tinggi bisa diberikan, yang bisa jadi menekan sistim imun yang aktif berlebihan terhadap orang-orang dengan penyakit Graves. Tipe terapi ini tetap kontroversiil (tetap diperdebatkan), bagaimanapun. Ketika terapi jangka panjang ditarik, pasien-pasien sesegera mungkin terus menerus dijumpai oleh dokter tiap tiga bulan buat tahun pertama, pasal suatu kekambuhan dari penyakit Graves ialah bisa jadi dalam masaperiode ini. bila seorang pasien kambuh, terapi obat antitiroid bisa dimulai kembali, atau yodium ber-radioaktif atau operasi bisa jadi dipertimbangkan.
 
Yodium ber-radioaktif

Yodium ber-radioaktif diberikan secara oral (melalui mulut, dengan pil atau cairan) terhadap suatu basis satu kali buat mengablasi (ablate) suatu kelenjar yang hiperaktif. Yodium yang diberikan buat perawatan ablasi (ablative treatment) ialah lain hal dengan yodium yang dipakai terhadap suatu scan. buat perawatan, isotope yodium 131 digunakan, dimana buat suatu scan rutin, yodium 123 dipakai. Yodium ber-radioaktif diberikan sehabis suatu scan yodium rutin, serta pengambilan yodium ditentukan buatmengkonfirmasi hipertiroid. Yodium ber-radioaktif diambil oleh sel-sel aktif dalam tiroid serta merusak mereka. pasal yodium diambil cuma oleh sel-sel tiroid, penghancuran cuma lokal, serta tak adanya efek-efek sampingan yang menyebar luas dengan terapi ini. 

Ablasi (ablation) yodium ber-radioaktif sudah dipakai dengan safe buat lebih dari 50 tahun, serta penyebab-penyebab utama buattak menggunakannya cuma ialah kehamilan serta menyusui. Bentuk dari terapi ini ialah choices perawatan buat kekambuhan penyakit Graves, pasien-pasien dengan kelibatan penyakit jantung yang parah, mereka yang dengan multinodular goiter atau toxic adenomas, serta pasien-pasien yang tak bisa mentoleransi obat-obat antitiroid. Yodium ber-radioaktif sesegera mungkin dipakaidengan waspada terhadap pasien-pasien dengan penyakit Graves yang berhubungan dengan mata pasal studi-studi akhir-akhir ini sudah tunjukkan jikalau penyakit mata bisa jadi merosot sehabis terapi. bila seorang perempuan memilih buat hamil sehabisablation, ialah disarankan ia menunggu 8-12 bulan sehabis perawatan sebelum hamil.

Pada umumnya, lebih dari 80% dari pasien-pasien diobati dengan suatu dosis tunggal yodium ber-radioaktif. Itu memakan masaantara 8 sampai 12 minggu buat tiroid menjadi biasa saja sehabis terapi. Hipotiroid ialah komplikasi utama dari bentuk perawatan ini. Ketika suatu kondisi hipotiroid yang sedangkan bisa jadi terlihat sampai dengan enam bulan sehabis perawatan dengan yodium ber-radioaktif, bila ia menetap dengan gigi lebih lama dari enam bulan, terapi penggantian tiroid (dengan T4 atau T3) kebiasaannya dimulai.
 
Operasi 

Operasi buat mengangkat beberapa dari kelenjar tiroid (partial thyroidectomy) pernah sekali masa dahulu ialah suatu bentuk yang umum perawatan hipertiroid. Tujuannya ialah buat mengangkat jaringan tiroid yang memproduksi hormon tiroid yang berlebihan. Bagaimanapun, bila terlampau banyak jaringan yang diangkat, suatu keluaran hormon tiroid yang tak memadai (hipotiroid) bisa jadi berakibat. terhadap problematika ini, terapi penggantian tiroid dimulai. Komplikasi utama dari operasi ialahgangguan/kekacauan dari jaringan sekitarnya, diantaranya syaraf-syaraf yang menyediakan pita-pita suara (vocal cords) serta empat kelenjar-kelenjar kecil terhadap leher yang memanage tingkat-tingkat kalsium dalm badan (kelenjar-kelenjar paratiroid). Pengangkatan kelenjar-kelenjar ini yang secara kebetulan bisa jadi berakibat terhadap tingkat-tingkat kalsium yang rendah sertamembutuhkan terapi penggantian kalsium. 

Dengan perkenalan dari terapi yodium radioaktif serta obat-obat antitiroid, operasi buat hipertiroid ialah tak seumum layaknyalebih awal. Operasi ialah memadai untuk:
  • pasien-pasien hamil serta anak-anak yang memiliki reaksi-reaksi utama yang kurang baik pada obat-obat antitiroid 
  • pasien-pasien dengan kelenjar-kelenjar tiroid yang amat besar serta terhadap mereka yang memiliki gejala-gejala yang bersumber dari penekanan dari jaringan-jaringan yang tidak jauh terhadap tiroid, layaknya kesusahan menelan, keparauan suara, serta sesak napas 

Yang Terbaik buat Anda

Jika anda khwatir jikalau anda bisa jadi memiliki suatu hitungan hormon tiroid yang berlebihan, anda sesegera mungkinmenyebutkan/mengutarakan gejala-gejala anda terhadap dokter anda. Suatu uji darah sederhana ialah langkah pertama terhadapdiagnosis. Dari sana, kedua-duanya anda serta dokter anda bisa bikin keputusan langkah apakah seharusnya berikutnya. bilaperawatan dijamin, ialah serius buat anda buat membiarkan dokter anda mengenali kekhwatiran-kekhwatiran serta pertanyaan-pertanyaan apakah saja yang anda memiliki mengenai pilihan-pilihan yang tersedia. Ingat jikalau penyakit tiroid ialah amat umum, serta ditangan-tangan yang baik, penyakit yang mengakibatkan suatu kelebihan hormon-hormon tiroid bisa dengan gampangdidiagnosis serta dirawat. 

Untuk bikin keputusan penyembuhan apakah yang akan diambil, tersebutkan dokter akan menilai dari keparahan penyakitnya, gejala-gejalanya, usia pasien, apa pasien merasakan penyakit lain layaknya gagal jantung, apa pasien memakaikan obat lain yang memicu pengaruh samping hipertiroid, serta juga kepatuhan pasien dalam minum obat 
Pengobatan hipertiroid dilakukan dengan sasaran buat melimit keluaran hormon tiroid yg berlebihan 
Pengobatan yang dimaksud antara lain :
  • Obat antitiroid. kebiasaannya diberikan sekitar 18 - 24 bln. misal obatnya: propil tio urasil (PTU), karbimazol Pemberian yodium radioaktif. biasa buat pasien berusia 35 /lebih atau pasien yang hipertiroidnya kambuh stlh operasi Operasi Tiroidektomi subtotal. metode ini dipilih buat pasien yang pembesaran kelenjar tiroid-nya tak dapat disembuhkah cuma dengan pertolongan obat-obatan, buat perempuan hamil (trimester kedua ), serta buat yang alergi pada obat / yodium radioaktif. Sekitar 25% dr seluruhproblematika berlangsung pengobatan spontan dlm masa 1 thn 
  • Sedikit tentang obat-obatan choices lain buat antitiroid disamping PTU Obat carbimazole (karbimasol) Berkhasiat bisa kurangikeluaran hormon tiroid. Mula-mula dosisnya dapat sampai 3 - 8 tablet sehari, tapi jika telah statis dapat cukup 1 -3 tablet sehari saja. Obat ini cukup baik buat penyakit hipertiroid. pengaruh sampingnya yang agak penting ialah turunnya keluaran sel darah putih (agranulositosis) serta permasalahan terhadap guna hati. Ciri-ciri agranulositosis ialah kerap sakit tenggorokan yang taksembuh-sembuh serta juga gampang terserang infeksi dan demam. sementara ciri-ciri permasalahan guna hati ialah rasa mual, muntah, serta sakit terhadap perut sebelah kanan, serta munculnya warna kuning terhadap area putih mata, kuku, serta kulit. jikagejala-gejala di atas berlangsung terhadap anda silakan menyiarkan kepada dokter yang menjaga Anda Obat Kalmethasone (mengandung zat aktif deksametason). 

Merupakan obat hormon kortikosteroid yang lazimnya digunakan sebagai obat anti peradangan. Obat ini bisa dipakai buat menghilangkan peradangan di kelenjar tiroid (thyroiditis) Obat Artane dengan zat aktif triheksilfenidil. Obat ini sesungguhnya obat anti parkinson, yang digunakan buat mengatasi gejala-gejala parkinson, layaknyagerakan tubuh yang kaku, tangan yang gemetar serta sebagainya. Anda ingat, kalau gejala-gejala hipertiroid itu juga berbentuktangan gemetar serta denyut jantung menaik ? nah, pasal itulah, terkadang dokter menggunakannya. Namun pemakaian obat ini terhadap pasien dengan penyakit hipertiroid sesegera mungkin berhati-hati, bahkan sebagusnya tak dipakai terhadap pasien dengan denyut jantung yang laju (takikardia). terhadap pasien yang denyut nadinya terlampau laju (lebih dari 120 kali per menit) serta tangan gemetar kebiasaannya dikasi obat lain yaitu propranolol, atenolol, maupun verapamil. 

Adapun penyembuhan alternatif buat hipertiroid yang sudah mengkonsumsi bekatul. Para ahli mendapatkan dalam bekatul terkandung kandungan vitamin B15, yang berkhasiat bisa menyempurnakan sistem metabolisme di dalam badan kita.
 
Penyakit kencing manis, penyakit basedov (gondok), kolesterol tinggi, merupakan penyakit-penyakit dikarenakan metabolisme terganggu, dengan teratur mengkonsumsi bekatul sebagai makanan tambahan, vitamin B15 dalam bekatul dapat mengembalikan proses metabolisme badan yang terganggu tersebut.
 
Vitamin B15, dikatakan juga Pangamic acid atau rujukan oleh struktur kimianya dikatakan Gluconodimethylamino-acetic-acid, diciptakan oleh seorang dokter ahli biokimia, Dr. Krebs Junior dari San Francisco AS, tahun 1952.
 
Penyakit yang disembuhkan dengan B15 di antaranya kencing manis (diabetes mellitus), tekanan darah tinggi (hipertensi), bengek (asma), kolestrol serta permasalahan aliran pembuluh darah jantung (coronair insuffsiency), dan penyakit hati. 

Menurut Udalov (seorang peneliti Rusia), vitamin B15 merupakan asal pati gugusan methyl yang labil (mudah dilepas dari ikatan induknya), amat diperlukan dalam sistem metabolisme melewati sistem methylation buat penjawantah adrenalin (zat antiasma).
 
Methylation juga amat esensial bagi penjawantah phosphocreatin, zat serius buat metabolisme otot jantung serta tubuh.
 
Vitamin B15 juga bisa menaikkan oksigen intake di dalam otak dan memperbanyak sirkulasi darah perifier serta oksigenisasi jaringan otot jantung. 

Herbal Obat buat meringankan serta metode mengobati hipertiroid:
mengkudu: Buah mengkudu bersifat antidiabetes (hipoglikemik). mengkudu juga berkhasiat sebagai antitetanus, antiseptic, antiinflamasi, obat disentri, serta obat diare. tanaman yang popular dengan sebutan pace ini juga bisa membuat turun demam (antipiretik), peluruh air seni (diuretic), dan berpengaruh laksatif. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu juga bisa meringankan penyakit asma, reumatik serta hipertiroid. rujukan oleh peneletian yang di laksanakan oleh UGM, daging buah pace atau mengkudu menunjukan tendensi penambahan kepekaan pada pengaruh adrenalin, dan dapat menghalangi pengaruh norarenalin terhadapjantung. buat penyembuhan memakaikan buah mengkudu bisa dilaksanakan dengan metode mengkonsumsi nya secara langsung. disamping itu dapat juga dengan bikin buah mengkudu sebagai jus ciplukan : Tanaman ciplukan berasal dari Peru, tanaman ini tumbuh di ladang atau lahan kosong. Buahnya bulat tertutup dalam kantong serupa lampion. Sekilas bentuknya persis kantong kemihItulah. sebabnya ia dikasi nama ilmiah Physalis peruviana. Dalam bahasa Yunani physalis bermakna kantong kemih. metode bikin obat hipertiroid, cabut 3 tanaman ciplukan yang mempunyai tinggi kurang lebihnya 50 cm beserta akarnya. Kemudian, cuci bersih serta rebus ke-3 tanaman itu, diantaranya buah serta akar, dalam 3 gelas air hingga mendidih serta tersisa 1 gelas. Minum segelas ramuan itu 1 kali sehari. 

Anda dapat pilih mengkonsumsi Mengkudu, Ciplukan atau bekatul. atau langsung vitamin B15 buat mengobati Penyakit Gondok atau Hipertiroid ini. semoga makalah ini berguna.

Thank you for reading Obat Herbal Sakit Gondok atau Penyakit Hipertiroid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Herbal Sakit Gondok atau Penyakit Hipertiroid"

Post a Comment