26 Khasiat Serta Manfaat Serai atau sereh

Read More


Kandungan serta faedah Serai Bagi Kesehatan

Sereh dikatakan juga sere, serai, sarai, see, yang banyak ditanam di halaman rumah buat bumbu dapur. Tanaman layaknya rumput ini menyukai air sehingga banyak ditanam di tepi sungai atau belakang rumah yang dekat dengan air. Baunya harum menyegarkan merangsang selera makan sebagai penyedap gulai, kari daging, ayam atau pepes ikan. Namun, belum banyak masyarakat yang memakainya sebagai obat.
Nama Lain : Camel’s Hay, Citronella, Geranium Grass, Cochin Grass, herbe de citron (Perancis), Zitronengras (Jerman), Erba di Limone (Itali), hierba de Limon (Sepanyol), bhustrina (India), Serai, layu, séréh (Indonesia), bai mak NÃO (Laos), Sera (Sinhalese), takrai (Thai). 

Serai atau sereh merupakan rempah yang umum dipakai dalam beragam makanan Asia. 

Serai atau biasa dikatakan juga dengan Sereh telah amat familiar pasal menjadi salah satu bahan serius yang dimanfaatkan dalam masak - memasak didapur 
Serai ini kebiasaannya dipakai buat berikan aroma terhadap makanan sehingga dapat memperbanyak cita rasa dari aromanya. Namun nyatanya di balik itu, serai juga memiliki banyak faedah buat kesehatan, salah satunya adalah serai dapat dijadikan sebagai obat herbal. 
Serai atau sereh ialah tumbuhan partisipan suku rumput-rumputan, Dalam sebagian penelitian, daun Serai nyatanya mengandung zat anti-mikroba serta anti-bakteri yang amat bermanfaat teruntukkan buat mengobati infeksi terhadap lambung, usus, saluran kandung kemih, serta menyembuhkan luka. tidak cuma itu, Serai juga banyak dipakai buat pereda kejang, anti-reumatik, sertabersifat diuretik. buat lebih jelasnya simak penjelasan berikut.


Klasifikasi Ilmiah
Nama
 Jenis
KerajaanPlantae
Divisi-
Kelas-
OrdoPoales
FamiliPoaceae
GenusCymbopogon
SpesiesC. citratus
Nama binomialCymbopogon Citratus

manfaat sereh















Kandungan Serai / Sereh :

Mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain ialah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol sertametileugenol.
Manfaat Serai Bagi kebugaran Tubuh :
  • Manfaat sereh buat kebugaran layaknya bisa menolong kurangi permasalahan lambung, insomnia, permasalahan pernafasan, demam, nyeri, infeksi, rematik serta edema. 
  • Pertahanan Antioksidan ramuan sereh akan menolong buat mempertahankan statuskolesterol, kebugaran selular, proses saraf, kulit yang bugar serta proses kekebalan badan. 
  • Sereh juga efisien dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, obesitas serta menolong detoksifikasi. Perihal ini banyak dipakai dalam aromaterapi serta menolong buatkurangi kelelahan, kecemasan serta bau badan.
Sereh merupakan tanama herbal dari keluarga rumput Poaceae. Sereh ialah jenis rumput yang tinggi berasal dari area tropis Asia. Tanaman sereh berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh terhadap tandan yang tebal. Sereh tumbuh dengan tandan yang, serta tingginya sekitar sekitar 3 meter.
Selain dipergunakan buat kuliner, serai juga mempunyai berbagai faedah obat yang bersifat anti-bakteri, anti-jamur serta anti-mikroba serta dipergunakan di semua Asia Tenggara, benua Afrika serta benua Amerika.
Sereh ialah gudang nutrisi aromatik serius yang membagikan beragam faedah kebugaran. Sereh ialah asal pati vitamin seriuslayaknya vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6 ​​(pyridoxine), folat serta vitamin C. Juga menyediakan mineral serius layaknya potasium , kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng serta besi yang dibutuhkan buat guna badan yang bugar. Sereh tak mengandung kolesterol mematikan atau lemak.
Berikut Khasiat faedah sereh buat kesehatan :

Serai mengandung antioksidan flavonoid, serta senyawa fenolik layaknya luteolin, glikosida, quercetin, kaempferol, elimicin, catecol, asam klorogenat, asam caffeic yang berkhasiat obat. Senyawa utama dalam serai ialah lemonal atau citral, yang mempunyai sifat anti-jamur serta anti-mikroba, dan menyediakan bau lemon yang berbeda-beda Serai serta manfaatnya terhadap proses saraf.

Minyak esensial yang mengandung Serai juga bisa berguna buat memperkuat serta menaikkan guna proses syaraf. Perihal itu dikarenakan minyak Serai tersebut akan membagikan pengaruh yang menghangatkan, melemaskan otot, serta meredakan kejang-kejang.
1. Serai mencegah penyakit kanker.

Sereh efisien buat mengobati beragam jenis kanker dengan tidak memberi efek sel-sel badan yang biasa saja serta bugar. adanya studi yang memaparkan jikalau tiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu berguna buat mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, studi yang dilaksanakan oleh tim dari University Gurion di Israel sudah mendapatkan jikalaudalam Serai adanya senyawa yang bisa berbahaya sel kanker dengan tidak menghancurkan sel sehat.
Penelitian mengedepankan kegiatan anti kanker sereh yang sudah tunjukkan result menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. studi lain juga sudah tunjukkan sereh juga menolong buat menghalangi peningkatan sel kanker hati phase awal serta mencegah penjawantah lebih lanjut. pengaruh lainnya Yang diketemukan ialah juga bisa menghalangi peningkatan sel kanker payudara .

2. Serai Memperindah kulit

Penggunaan daun Serai juga telah berlangsung dalam bidang kosmetik yang dipakai buat memperindah kulit. pengaruh dari pemakaian kosmetik yang mengandung daun Serai ialah bisa menghilangkan jerawat serta berfungsi juga sebagai penyegar.
Sereh bermanfat sebagai tonik kulit, serta sebagai pembersih yang efisien buat kulit berminyak atau berjerawat pasal sifat astringent serta antiseptik. Perihal ini pasal sereh memperkuat jaringan kulit serta mengencangkan pori-pori , dan sifat sterilisasinya.
3. Serai buat mengobati permasalahan pencernaan.

Serai amat berguna buat mengatasi permasalahan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kurangi gas dari usus, diare.
4. Serai buat Detoksifikasi.

Serai juga amat baik buat detoksifikasi tubuh, bisa menolong membersihan racun mematikan keluar dari tubuh, pasal sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan menolong kelancaran guna beragam organ tubuh, diantaranya hati serta ginjal dan menolongmembuat turun kadar asam urat. pengaruh diuretik serai akan menolong menaikkan hitungan serta frekuensi buang air kecil, sehingga menolong merawat kebugaran pencernaan. serai dipakai buat detoksifikasi dengan metode menaikkan hitunganbuang air kecil. Perihal tersebut tentunya amat berguna buat bikin semua organ pencernaan layaknya hati, pankreas, ginjal, sertajuga kandung kemih bersih serta bugar pasal berbagai racun akan tersingkir .

5. Serai dapat Mengobati infeksi kulit.

Kadungan zat anti-mikroba serta anti-bakteri studi menunjukkan, serai mempunyai kandungan zat anti-mikroba serta anti-bakteri. Kandungan tersebut bermanfaat teruntukkan dalam mengobati infeksi terhadap lambung, usus, saluran kemih serta luka. Belakangan, Serai juga banyak diyakini bisa menyembuhkan beragam macam penyakit layaknya infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, bisa juga meredakan bau badan.
6. Serai buat Kolesterol sehat.

Sereh mempunyai sifat anti-hiperlipidemia serta hiperkolesterolemia , yaitu mendukung kadar kolesterol yang bugar. studitunjukkan jikalau konsumsi sereh secara acap kali membagikan result signifikan dalam mempertahankan status bugar trigliserida serta kurangi kolesterol LDL dalam badan. Ini akan menolong mencegah akumulasi lipid dalam pembuluh darah, serta menaikkanaliran darah yang terhalang di arteri sehingga mencegah aterosklerosis serta beragam permasalahan jantung.
7. Sereh Mencegah infeksi dampak Staphylococcus aureus.

Studi sudah mengedepankan jikalau minyak atsiri dalam sereh mempunyai kegiatan anti biofilm , yang berguna pencegahan pada infeksi yang dikarenakan oleh Staphylococcus aureus. Sereh mengandung fenol yang mempunyai kemampuan menyebar dengan laju melewati jaringan tubuh, serta menyembuhkan biofilm yang berada di mana saja terhadap badan. Sereh akan menginterupsi peningkatan serta komunikasi kuman, sehingga akan menolong menghalangi penjawantah biofilm. Minyak esensial dari sereh bermanfaat untukpenggunaan topikal ataupun internal buat penyakit yang didiagnosis dengan biofilm layaknyapenyakit Lyme.
8. sereh mengatasi permasalahan Perut

Penelitian sudah tunjukkan jikalau minyak atsiri dalam sereh mempunyai sifat anti mikroba serta anti-bakteri yang menolongmemerangi infeksi yang dikarenakan oleh beragam bakteri patogen layaknya Helicobacter pylori serta Escherichia coli. Sereh berguna buat pencegahan permasalahan gastro intestinal layaknya ulkus lambung, menolong merangsang guna usus sertamemperbaiki pencernaan. Sifat anti inflamasi sereh berguna buat mengobati sembelit, ulcerative colitis, diare, mual serta perut nyeri.

9. serai bisa Menyembuhkan Insomnia

Sereh juga bermanfat buat menenangkan otot serta saraf, sehingga bisa menolong memaksa tidur yang nyenyak. studi sudahtunjukkan jikalau teh sereh mempunyai sifat sedatif serta hipnotik, yang menolong menaikkan masa serta nilai mutu tidur .

10. sereh mengatasi permasalahan Pernapasan.

Sereh banyak dipakai sebagai obat buat penyembuhan batuk serta pilek. Seiring dengan senyawa bugar lainnya, yaitu vitamin C dalam serai menolong mengatasi penyumbatan hidung pasal flu serta permasalahan pernafasan lainnya layaknya asma bronkial.
11. Serai bisa Mengatasi Demam

Sereh juga diketahui sebagai obat penurun panas, yaitu memilik pengaruh yang menguntungkan buat membuat turun demam. pengaruh anti-piretik(mengeluarkan keringat) sereh secara luas dipakai dalam penyembuhan buat menyembuhkan demam, yaitu buat merangsang keluarnya keringat
12. Sereh buat mengatasi Infeksi.

Sereh juga bisa bekerja sebagai antiseptik, serta efisien mengobati infeksi layaknya kurap, luka, kaki atlet, kudis serta infeksi saluran kemih yang dikaitkan dengan sifat anti-mikroba serta anti-jamur dari sereh. studi tunjukkan jikalau serai mempunyai pengaruhpengobatan terhadap infektivitas dermatologi, layaknya infeksi jamur dengan jalan menghalangi peningkatan patogen. penelitian lain membagikan evidensi kemanjuran sereh yang mendukung atas thyme, nilam serta minyak kayu cedar buatmengobati beragam penyakit layaknya candidias lisan atau gatal pasal jamur terhadap organ mesra wanita.
13. Serai kurangi Nyeri

Sereh dapat menolong kurangi rasa sakit serta ketidaknyamanan yang dikarenakan oleh sakit kepala serta migrain pasal sifat analgesik yang dimilikinya. Fitonutrien yang terkandung terhadap serai bisa menaikkan sirkulasi darah serta menolong dalam kurangi kejang, kram otot, keseleo serta sakit punggung. Sereh amat menolong buat mengobati luka serta memar.
14. Sereh memulihkan proses Saraf

Sereh sudah tersabit dapat menjadi tonik yang amat baik buat proses syaraf. Sereh bisa merangsang pikiran serta menolongbuat mengatasi kejang-kejang, gugup, vertigo serta beragam permasalahan syaraf layaknya Alzheimer serta penyakit Parkinson. Sereh dipakai buat mandi terapi, yang akan menolong buat menenangkan saraf, kurangi tanda depresi serta kelelahan yang dikarenakan oleh stres.
15. Serai bisa mengobat Diabetes tipe 2

Sereh sudah tersabit berguna buat mengobati diabetes tipe-2. studi sudah tunjukkan jikalau serai bisa menolong merawatstatus insulin serta menaikkan toleransi glukosa dalam tubuh.
17. Sereh mengatasi Rematik

Sereh efisien dipakai buat kurangi rasa sakit serta ketidaknyamanan yang dikarenakan oleh rematik. Sereh bisa dioleskan terhadap pinggang serta area yang sakit pasal rematik atau keseleo. 
18. Serai buat proses kekebalan

Sereh bisa menolong memulihkan proses serius dalam tubuh, layaknya pencernaan, respirasi, ekskresi serta proses syaraf. Sereh juga menolong penyerapan nutrisi yang lebih baik, dan memperkuat mekanisme proses kekebalan tubuh.
19. ereh buat kebugaran seluler tubuh

Sereh mengandung zat antioksidan , sehingga menolong melindungi sel-sel badan dari kehancuran dampak radikal bebas. Sereh menolong membersihkan darah serta memperkuat limpa buat membakar sel-sel darah merah yang kotor. Mendukung gunakelenjar timus yang menolong buat menghasilkan sel darah putih. Sereh juga menolong merangsang regenerasi sel. Folat sertakalium terhadap batang serta daun sereh berlakon dalam menolong penjawantah DNA serta mempromosikan pembelahan sel.
20. Serai buat Aromaterapi

Ramuan Sereh terdiri dari senyawa bugar minyak esensial, layaknya nerol, sitronelol, myrcene, dipentene, geraniol serta metil heptenone yang mempunyai sifat anti-jamur, insektisida serta antiseptik. Minyak banyak dipakai buat aromaterapi pasal pengaruhterapeutik yang akan menolong merevitalisasi serta menyegarkan badan. Minyak sereh mempunyai zat natural yang akan menolong merangsang sirkulasi darah serta meremajakan jaringan kulit. Perihal ini juga menolong buat mengangkat sertamengencangkan kulit yang lesu serta lelah.
21. Sereh buat Obesitas

Sereh mengandung citral yang sudah tersabit efisien buat mengatasi obesitas. Perihal ini akan mencegah akumulasi lemak dalam perut, serta mempromosikan pemakaian tenaga yang tersimpan, sehingga menolong mencegah kenaikan berat badan. Sereh menolong metabolisme badan dan menaikkan oksidasi lemak dalam tubuh.

22. serai buat kurangi Bau badan

Sereh juga dipakai dalam pembuatan deodoran, pasal sifat pembersih serta sifat anti-bakteri yang akan menolong memerangi bau tubuh yang tak sedap dan mencegah infeksi jamur serta bakteri. Sereh juga bisa ditambahkan buat merendam kaki yang sakit atau berbau.
23. Sereh buat pemakaian Kuliner

Selain buat obat-obatan tradisional, serai lazimnya dipakai terhadap masakan Asia, terutama masakan Indonesia, Vietnam, Thailand serta Malaysia. Sereh lazimnya dipakai buat memperbanyak rasa terhadap minuman layaknya teh, memasak kare, sup dll.
Kegunaan lain dari serai

24. Sereh juga banyak dipakai dalam pembuatan parfum, deodoran, poles serta lilin. Sereh juga dipakai buat menambahkan keharuman terhadap sabun serta produk kosmetik. Pembuatan sampo serta produk perawatan hewan peliharaan pun memakaikansereh, Perihal ini pasal akibatnya pada kutu
25. Serai juga mempunyai sebanyak faedah yang bisa menolong upaya penurunan berat badan Berikut merupakan metodememakaikan serai buat membuat turun berat badan Perbanyak memakaikan serai sebagai bumbu buat masakan. Satu cangkir serai cuma mengandung 66 kalori, sehingga tak akan memperbanyak hitungan kalori terhadap makanan yang Anda konsumsi. Serai baik dipakai sebagai substitusi bumbu yang mempunyai nilai kalori tinggi sehingga dapat menolong upaya membuat turunberat badan Minum teh serai sebagai diuretik serta buat detoksifikasi. Sifat diuretik serai menolong menormalkan keseimbangan air dalam badan serta menghilangkan kelebihan air. Perihal tersebut bisa menolong Anda membuat turun berat tubuh sebagian kilo serta bikin badan tampak lebih ramping.
26. Gunakan baik serai murni atau ekstrak dalam makanan buat menolong menaikkan pencernaan. seluruh kalori akan dipakai secara efektif bila proses pencernaan bekerja dengan baik. Perihal ini akan bikin Anda lebih lama merasa kenyang sehingga kurangibentuk makanan makanan yang akan berkontribusi pada upaya penurunan berat badan.

Efek Samping Minyak sereh

Meskipun aman, namun pemakaian teh herbal sereh yang terbuat dari sereh bisa menyebabkan reaksi alergi terhadap sebagianorang. bila adanya tanda alergi, dianjurkan buat dengan cepat menghentikan pemakaian serta menelusuri pertolongan klinissegera. 
Minyak sereh murni tak sesegera mungkin diaplikasikan secara langsung terhadap tubuh, pasal bisa menyebabkan reaksi yang dapat berbahaya. Oleh pasal itu senantiasa dianjurkan buat menjauhkan minyak sereh murni dari jangkauan anak.
Dianjurkan buat berkonsultasi dengan ahlil kebugaran sebelum mempergunakan minyak sereh buat terapi terhadap keadaankhusus, layaknya kehamilan atau mencoba buat hamil, menyusui serta sepanjang pengobatan.
Sereh mempunyai sifat galactagogic, yaitu yang mempromosikan penjawantah susu. Sereh juga efisien buat melancarkan aliran menstruasi serta menolong menenangkan kram serta ketidaknyamanan saat menstruasi. Sereh juga menolong meredakan pembengkakan serta mujarab buat varises Cara bikin Teh Serai.

Serai atau sereh merupakan herbal yang ampuh dipakai buat kurangi demam atau meringankan kram perut. Serai juga dapatmelancarkan kerja pencernaan, terutama terhadap anak-anak, dan menolong meringankan nyeri terhadap radang sendi. Salah satu metode gampang serta enak buat menemukan khasiat dari serai ialah dengan bikin teh herbal serai.
Berikut ialah metode menyeduh serai menjadi minuman herbal yang menyehatkan dan merupakan juga enak. bila Anda hendak memanen serai langsung dari kebun, pastikan gunakan sarung tangan buat melindungi tangan saat menarik rumpun serai Gunakan pisau bila kesusahan menariknya langsung dengan tangan Buang susunan daun terluar. Daun paling luar ini cuma akan membagikan rasa pahit bila digunakan Setelah itu, potong serai menjadi irisan kecil Masukkan sekitar satu sendok teh potongan serai ke dalam cangkir. Tuangkan air mendidih kedalam cangkir serta biarkan sepanjang lima menit Saring potongan serai dari cangkir buat menikmati teh serai dengan tidak ampas Tambahkan gula atau susu ke dalam teh serai bila dikehendaki Pengobatan dengan Sereh.

Bila menderita Batuk pasal angin dingin, cobalah minum air rebusan: 

  • 1 batang sereh, 
  • 1 jempol jahe bakar, 
  • 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkeh, 
  • 7 biji kapulaga dalam 4 gelas air. makin sedap jika ditambahkan sedikit garam serta gula merah.


Untuk Rematik, pegal linu : 
  • Cobalah ramuan rebusan 7 batang sereh, 
  • 1 genggam daun jeruk nipis dalam 6 gelas air sampai mendidih,
  • lantas campurkan dengan air dingin sekedar serta rajinlah beredam kira-kira 1/2 jam.
  • laksanakan secara acap kali sampai sembuh.
Masuk angin, pilek, hidung tersumbat: 
  • Rebus 5 batang sereh dengan 6 gelas air. 
  • sehabis air rebusan sereh berbau harum, angkat. 
  • Hirup uap sereh bersetara dengan berkerudung handuk menutupi kepala serta bahu dan wajah menghadap ke permukaan air. 
  • laksanakan sepanjang 15 menit. 

Melancarkan haid : 
  • Memarkan 2 batang sereh, 
  • rebus dengan 2 gelas air. 
  • sehabis air menyusut serta harum, tambahkan gula merah sekedar serta dinginkan. 
  • Minum hangat-hangat 3/4 gelas, 2 kali sehari.

 Asam Urat : 
  • 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air ½ batang sere hingga tersisa 200 cc, 
  • setelah itu airnya diminum selagi hangat. 
  • Diminum acap kali sehari segelas atau dua gelas. 

Flu serta Batuk : 
  • Ambil batang sereh sejumlah 5 gram serta cuci bersih. 
  • sehabis itu memarkan serta setelah itu rebus bersama 1 gelas air bersih. 
  • waktu dalam perebusan kira-kira 16 menit. 
  • Selanjutnya, minum air tersebut di pagi serta malam hari masing-masing seperdua gelas.

Mencegah Kanker: 
  • Merebus sereh sejumlah 100 gram bersama 2 gelas air bersih. 
  • Panaskan hingga 15 menit serta minum di pagi serta sore hari masing-masing setengah gelas.

Untuk detoksifikasi :
  • Cukup rebus sereh sejumlah 70 gram dengan air sejumlah 100 cc. 
  • setelah itu minum air rebusan tadi di pagi hari sebelum Anda mengkonsumsi makanan atau minuman lainnya. 
  • Biarkan sejam sebelum Anda menyantap makanan lainnya 

Gigi sakit : 
  • Kumurlah dengan air rebusan sereh serta garam Nyeri persendian, 
  • oleskan minyak sereh di tempat yang sakit Bila digigit nyamuk, 
  • balurkan minyak sereh ke semua tubuh.

Sudah terlampau banyak alam berikan kemudahan bagi kita, telah sepantasnya kita sadar buat merawat alam sebagai timbal balik atas karunia yang sudah di curahkan oleh sang Pencipta alam buat kita.

Thank you for reading 26 Khasiat Serta Manfaat Serai atau sereh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "26 Khasiat Serta Manfaat Serai atau sereh"

Post a Comment