Tips Hindari Flu di Musim Hujan

Read More


Pernahkah Anda mengalami kejadian ini? Kejadian dimana lebih sering terkena flu ketika musim hujan tiba. Jika pernah berarti kita sama. haha

Flu memang bukan penyakit yang berbahaya namun flu ini bisa sangat mengganggu aktifitas harian kita.

Betapa kesalnya kita ketika sedang berusaha untuk fokus tiba-tiba kita bersin atau batuk atau hidung meler. Gak enak kan? pasti ganggu lah.

Sebenarnya sudah banyak obat-obatan yang beredar di warung maupun apotek yang bisa menyembuhkan flu ini. Tapi bukankah lebih baik kalau kita mencegahnya.

Di tulisan kali ini saya akan mencoba menyusun tips hindari flu dari dr.Ryan Thamrin (host Dr.Oz Indonesia) yang pernah beliau sampaikan di acara Dr.Oz Transtv.

Berikut beberapa tips untuk hindari flu di musim hujan :

1. Cucilah Tangan Minimal Selama 20 detik

Bagaimanapun tangan itu merupakan sumber penularan. Banyak bakteri atau virus yang berada di tangan. Dengan mencuci tangan minimal 20 detik mampu mengurangi resiko tertularnya penyakit flu ini. 

2. Bersihkan Barang-Barang dengan Alkohol

Jika kalian berada di ruang kerja,tidak jarang kan ada teman yang bersin atau batuk di tempat kerja kita. Nah kita tidak tahukan,bisa saja barang-barang yang berada di meja kita terkena bakteri/virus itu. Dengan membersihkan barang-barang dengan alkohol kita bisa meminimalisir penularan virus flu tersebut kepada kita.

3. Tutuplah Hidung atau Mulut saat Batuk 

Untuk penderita yang sudah tertular, ada baiknya menutup hidung/mulut dengan tisu ketika bersin atau batuk. Ini bertujuan untuk mengurangi penularan virus tersebut kepada orang lain.

4. Jangan Selalu Menyentuh Mulut dan hidung dengan tangan yang diragukan Kebersihannya 

Sebaiknya tidak selalu menyentuh mulut dan hidung dengan tangan yang diragukan kebersihannya,bagaimanapun tangan merupakan tempat paling mudah terkena bakteri karena kita selalu tidak sadar di setiap benda yang kita sentuh itu terdapat bakteri. 

Berikut beberapa tips lainnya dari Dr William Bird (consultant of the Meteorological Office's Health Forecast Unit) yang dikutip dari dailymail.co.uk :

1. Zinc dan Bawang Putih 

Mineral Zinc diperlukan untuk membantu melawan pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yang baik termasuk daging, tiram, telur, makanan laut, tahu dan gandum. Seng dan vitamin C merupakan duo besar penghilang dingin.

Bawang putih membantu meringankan keluhan dada dan mengonsumsi sedikit bawang putih setiap hari dapat mengurangi frekuensi pilek dan flu.

2. Minum Banyak Air

Dokter menyarankan bahwa kita minum sekitar 8 gelas air sehari untuk tetap sehat. Ahli rehidrasi Dr Susan Shirreffs mengatakan: ' air membantu fungsi ginjal berjalan dengan baik dan membersihkan toksin yang terakumulasi dalam tubuh. 

3. Tidur Nyenyak

Kurangnya tidur membuat kita lebih rentan terhadap infeksi, kata Dr Byrd. Suasana hati juga akan mempengaruhi kemampuan kita untuk melawan infeksi, dan jika Anda merasa tertekan, Anda akan lebih buruk dibandingkan dengan ketika Anda merasa tenang, bahagia dan santai,' katanya.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan silahkan share jika tulisan ini bermanfaat. Terima Kasih
Thank you for reading Tips Hindari Flu di Musim Hujan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Hindari Flu di Musim Hujan"

Post a Comment