7 Pekerjaan Ini Bisa Mengancam Kesehatan Paru-paru Anda

Read More


Selain merokok, ternyata kesehatan paru-paru bisa saja terganggu karena profesi yang anda lakukan setiap hari. Rutinitas yang anda lakukan, tanpa sadar mengancam kesehatan paru-paru dan memicu beberapa jenis penyakit.

Maka dari itu, anda pun harus lebih berhati-hati lagi dalam bekerja supaya paru-paru tetap sehat. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa mengancam kesehatan paru- paru anda.

1. Pembuat kue dan roti

Berjuta-juta tepung serta bahan pembuat kue lainnya akan berterbangan di udara, ketika proses pembuatan kue dan roti berlangsung. Jika terhirup, maka anda akan beresiko terkena penyakit asma maupun alergi debu. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, apabila 15% penderita asma adalah pembuat kue dan roti.

2. Buruh tekstil 

Bagi anda yang bekerja sebagai buruh tekstil, sebaiknya anda selalu berhati- hati. Karena profesi ini menjadikan anda rentan terkena penyakit bisinosis. Hal tersebut terjadi karena hidung terlalu sering menghirup rami,sisal, kapas, dan bahan-bahan pembuat tekstil yang lain.

3. Pekerja tambang

Mereka yang bekerja di pertambangan sangatlah rentan terkena penyakit bronkitis, paru-paru hitam dan asma. Beberapa penyakit kronis ini disebabkan paparan pasir, debu batu bara, dan material-material halus yang bertebangan di udara.

4. Buruh Pabrik

Buruh pabrik merupakan pekerjaan yang sangat membahayakan bagi kesehatan paru-paru. Setiap hari anda harus menghirup debu, gas, polusi dan zat kimia di tempat kerja. Dalam jangka panjang, pastinya hal ini cukup membahayakan paru-paru anda.

5. Kapster salon

Profesi yang satu ini tidak kalah berbahayanya bagi paru-paru. Selama bekerja anda akan menghirup jutaan partikel halus dari cat pewarna rambut, hair spray dan produk perawatan rambut lainnya. Kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk di paru-paru dan menimbulkan penyakit kronis dalam waktu panjang. 

6. Peternak dan Petani

Serbuk dari padi dan jerami yang setiap hari dihirup mampu menimbulkan beberapa gangguan kesehatan. Seperti batuk-batuk, dada terasa sesak, keracunan debu organik dan asma.

7. Pekerja Bangunan

Setiap hari para pekerja bangunan harus terpaksa menghirup udara kotor ketika meruntuhkan bangunan, merenovasi dan membangun. Udara yang mereka hirup sudah pasti tidak sehat dan mampu mengancam paru-paru dalam waktu panjang.

Thank you for reading 7 Pekerjaan Ini Bisa Mengancam Kesehatan Paru-paru Anda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Pekerjaan Ini Bisa Mengancam Kesehatan Paru-paru Anda"

Post a Comment