Cara Mudah agar Wajah Tampak Awet Muda

Read More


Awet muda? Siapa yang tidak mau memiliki wajah awet muda. Baik pria maupun wanita, mereka selalu berusaha menjaga dirinya agar tetap terlihat awet muda. Banyak cara dilakukan mulai dari menjalani pola hidup sehat sampai perawatan yang harganya tidak sedikit.

Lantas bagaimana Islam memandang mencegah penuaan dini menggunakan obat-obatan?

Dalam kacamata islam, menggunakan obat-obatan untuk mencegah penuaan dini diperbolehkan karena ini termasuk masalah dunia. Namun perlu juga diperhatikan tentang kehalalan obat-obatan tersebut.

Tips Awet Muda ala Rasulullah

Dalam islam, ada beberapa hal mudah yang dapat membuat kita tetap terlihat awet muda. Berikut tips awet muda ala Rasulullah SAW :

1. Air Wudhu

Air wudhu memang memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah anggota tubuh yang terkena air wudhu ini akan menampakan cahaya pada hari kiamat nanti. Dan ternyata air wudhu juga dapat menjadi cahaya di dunia.

Menurut penelitian, kulit adalah organ paling besar dalam tubuh kita yang fungsi utamanya membungkus tubuh serta melindungi tubuh dari kuman, racun dan radiasi. Dan dengan kita bersuci maka akan terjadi proses peremajaan dan pembersihan kulit, selaput lendir dan membersihkan lubang-lubang tubuh yang berhubungan langsung dengan keadaan luar seperti pori-pori kulit, rongga mulut, hidung dan telinga. Wudhu juga merupakan hidroterapi yang dapat menenangkan jiwa dan pikiran kita. Maka dari itu wudhu menjadi cara mudah untuk tetap awet muda.

2. Senyum

Secara ilmu kesehatan; ketika seseorang tersenyum, dia hanya menggunakan 17 otot wajah sedangkan ketika cemberut dia menggunakan 43 otot wajah. Dimana otot yang banyak itu akan tertarik sehingga dapat menimbulkan kerutan, dengan tersenyum otot wajah kita akan terjaga kekencangannya. Senyum juga dapat memberikan ketenangan pada hati, membuat kita semangat dan selalu berhusnudzon (prasangka baik). Senyum juga merupakan salah satu cara kita berbagi kebahagiaan kepada orang lain.

3. Sholat Tahajud

"Barangsiapa yang banyak menunaikan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan/cantik di siang hari." (H.R. Ibnu Majah)

Menurut penelitian dari Prof. Dr. Muhammad saleh dari universitas ternama di Surabaya, sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan di penghujung malam yang sunyi, dimana hal tersebut mampu mendatangkan ketenangan. Dan ketenangan itu sendiri mampu meningkatkan ketahanan tubuh imunologi, mengurangi resiko penyakit jantung dan menambah usia harapan hidup.

4. Puasa

Menurut penelitian dari Allan Cott, M.D (penulis buku why fast) yang berhasil menghimpun hasil pengamatan dan penelitian para ilmuwan dari berbagai negara mengenai hikmah puasa, dimana salah satu hikmahnya dapat memperlambat proses penuaan. Hal tersebut diperkuat juga oleh Alvenia M. Fulton (direktur lembaga makanan sehat di AS) yang menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik wanita secara alami, puasa juga menghasilkan pesona diri dan ketenangan serta menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

5. Menahan Amarah

Ketika marah otot-otot wajah akan tertarik dan itu dapat.menimbulkan kerutan. Perasaan marah juga memicu tersebarnya hormon kortisol yang mengakibatkan produksi kolagen pada kulit berkurang. Dimana sebenarnya kolagen adalah bahan utama yang membuat kulit awet muda, kencang dan kenyal. Oleh karena itu Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menahan amarah. Menahan amarah juga memiliki banyak keutamaan yang baik, jadi mari sekuat tenaga berusaha untuk menahan amarah. Karena amarah merupakan sifat yang disukai setan.

Ternyata tidak perlu mahal-mahal bukan untuk menjadi awet muda. Asal kita bisa konsisten menerapkan kelima hal di atas. Insya Allah kita akan terlihat awet muda dan menyejukan.

Tunggu..

Jangan dulu di close ya..

Sadarkah kalian bahwa semua hal diatas tadi menuju ke satu hal yang sama, yaitu ketenangan. Ya benar ketenangan..

Tahukah kalian ketika kita merasa cemas, marah, stres dan khawatir kita itu sedang berada di gelombang beta (14 - 100 Hz). Jadi ketika kita berada di gelombang beta (sadar penuh) terlalu lama, kita akan mudah merasakan hal-hal di atas. Dan akibat buruk dari itu adalah penyakit mudah datang ketika kita terlalu aktif di gelombang ini.

Ini terjadi karena gelombang tinggi dapat merangsang otak mengeluarkan norefinefrin dan hormon kortisol yang menyebabkan cemas, stres, khawatir dan marah.

Dalam ketenangan pikiran kita menjadi jernih, dalam ketenangan pula kita dapat dengan mudah menemukan solusi dari masalah kita. Ketenangan ini menjadi kunci bagi kita dalam menghadapi situasi apapun.

Selalu.. Semua yang diperintahkan-Nya selalu mengandung kebaikan bagi kita. Bila kita cermati lagi, sholat lima waktu selain sebuah kewajiban juga merupakan cara Allah agar kita tetap sehat (tidak berlama-lama di gelombang beta). Selain ketenangan yang akan kita dapat, juga terdapat hikmah di setiap gerakan sholat tersebut.

Oke cukup sekian tentang tips awet muda ala Rasul, semoga bermanfaat dan tetap tenang.
 
Thank you for reading Cara Mudah agar Wajah Tampak Awet Muda

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah agar Wajah Tampak Awet Muda"

Post a Comment