9 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Read More


Siapa yang tidak tahu buah yang satu ini? Buah yang menjadi primadona dikala bulan Ramadhan tiba. Buah ini menjadi favorit warga Indonesia khususnya daerah jawa barat untuk berbuka puasa.

Di bulan Ramdahan banyak para penjual timun suri yang menjajakan dagangnya. Selain rasanya yang begitu menyegarkan dan teksturnya yang empuk ternyata buah yang satu ini meiliki banyak manfaat yang tentunya baik bagi kesehatan.

Manfaat Buah Timun Suri Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Kanker

Timun suri mengandung sebuah senyawa yaitu saponin. Saponin merupakan antioksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya pembentukan sel kanker. Radikal bebas bisa berasal darimana saja baik itu dari minuman, makanan maupun polusi udara. Dengan konsumsi Timun suri secara rutin minimal empat kali dalam seminggu maka akan menurunkan resiko terkena kanker seperti kanker usus, kanker hati dan kanker payudara.

2. Mengendalikan Kadar Gula

Gula alami yang terdapat pada timun suri seperti fruktosa dan glukosa membuatnya aman untuk dimakan oleh penderita diabetes. Fruktosa dan glukosa merupakan gula yang didapat secara alami sehingga tidak akan menambah kadar gula dan dapat menjadi sumer energi untuk tubuh. Tentunya timun suri yang aman dikonsumsi adalah timun suri tanpa campuran sirup dan gula. Bila Anda penderita diabetes sebaiknya berhati-hati meskipun gula alami namun jenis gula ini termasuk jenis monosakarida. Kandugan gula tersebut dapat menaikan kadar gula darah dengan cepat dan ini bisa membahayakan penderita diabetes. 

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan "musuh" yang berbahaya terutama kolesterol yang berasal dari lemak jenuh atau kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jenis ini dapat menyebabkan plak di arteri dan ini bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Bila tidak segera diatasi ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa Anda. Dengan rutin konsumsi timun suri kolesterol jahat(LDL) perlahan akan turun. 

4. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian ditemukan senyawa asam linoleat dalam timun suri. Senyawa ini bekerja pada tubuh dengan menjadi antioksidan yang akan melawan radikal bebas. Zat ini juga dapat memelihara kesehatan jantung dengan cara memakai lemak sebagai sumber energi dan menghalangi terjadinya pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh. Zat ini pun akan melindungi tibuh dari racun.

5. Mendukung Proses Detoksifikasi

Kandungan air dan serat yang cukup tinggi pada timun suri dapat membantu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Racun itu akan dibuang melalui sisa makan baik itu leawt urin ataupun feses. 

6. Regenerasi Sel Tubuh

Kandungan vitamin C yang banyak terdapat pada timun suri membuatnya mampu membantu proses regenerasi sel tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain membantu proses regenerasi sel tubuh, vitamin C yang terdapat pada timun suri sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin C akan mendorong produksi kolagen. Kolagen sendiri berfungsi untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit.

8. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada timun suri merupakan serat larut. Serat ini adalah jenis serat yang dibutuhkan oleh usus untuk melancarkan pencernaan. Serat juga akan mengikat lemak yang ada di dinding usus dan membuangnya lewat feses. Hal ini akan berdampak pada kesehatan sistem pencernaan dan sebagai bonusnya, ini pun dapat membantu menurunkan berat badan.

9. Menjaga Kesehatan

kandungan beberapa vitamin seperti vitamin C dan vitamin A pada buah suri membuatnya baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kedua vitamin itu dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri maupun virus penyebab penyakit.

Tips

Bila Anda ingin mengkonsumsi buah ini, hendaknya dimakan dalam keadaan perut kosong. Ini bertujuan agar penyerapan gizi lebih sempurna. Kalau dikonsumsi setelah konsumsi makanan berat dapat meyebabkan fermentasi dalam perut yang bisa membuat perut sebah.

Thank you for reading 9 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan"

Post a Comment