Penyakit LUPUS

Read More


Penyakit LUPUS ialah penyakit baru yang berbahaya sebanding dengan kanker. tak sedikit pengindap penyakit ini tak tertolong lagi, di dunia teranalisa penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu problematika baru berlangsungtiap tahunnya. 

Arti kata lupus sendiri dalam bahasa Latin bermakna “anjing hutan”. Istilah ini mulai diketahui sekitar satu abad lantas. Awalnya, penderita penyakit ini dikira memiliki kelainan kulit, berbentuk kemerahan di sekitar hidung serta pipi 1. Bercak-bercak merah di area wajah serta lengan, panas serta rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian sering bengkak serta munculsariawan. Penyakit ini tak cuma menusuk kulit, tapi juga bisa menusuk hampir semua organ yang adanya di dalam badan. 

Gejala-gejala penyakit diketahui sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) atau lebih dikenal Lupus. Eritomatosus maknanyakemerahan. sementara sistemik berarti menyebar luas keberbagai organ badan. Istilahnya dikatakan LES atau Lupus. Gejala-gejala yang umum ditemui adalah: 
  • Kulit yang gampang gosong dampak sinar matahari dan munculnya permasalahan pencernaan Gejala lazimnya penderita kerapmerasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam serta pegal-pegal. tanda ini terutama diperoleh terhadap waktu aktif, sementara terhadap waktu remisi (nonaktif) menghilang Pada kulit, akan timbul ruam merah yang membentang di kedua pipi, serupa kupu-kupu. terkadang dikatakan (butterfly rash). Namun ruam merah menyerupai cakram dapat timbul di kulit semuatubuh, menonjol serta kadang-kadang bersisik. menatap banyaknya tanda penyakit ini, tersebutkan perempuan yang telahterkena dua atau lebih tanda saja, sesegera mungkin dicurigai mengidap Lupus Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit LUPUS ini
  • Rambut yang kerap rontok serta rasa lelah yang berlebihan

Dr. Rahmat Gunadi dari Fak. Kedokteran Unpad/RSHS menjelaskan, penyakit lupus ialah penyakit proses imunitas di mana jaringan dalam badan dikata benda asing. Reaksi proses imunitas dapat tentang beragam proses organ badan layaknya jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, proses saraf, proses kardiovaskuler, paru-paru, susunan terhadap paru-paru, hati, proses pencernaan, mata, otak, ataupun pembuluh darah serta sel-sel darah. 

“Penyakit ini bisa tentang seluruh susunan masyarakat, 1-5 orang di antara 100000. penduduk, bersifat genetik, bisa diturunkan. perempuan lebih kerap 6-10 kali alih alih pria, terutama terhadap umur 15-40 tahun. Bangsa Afrika serta Asia lebih ringkih sekalidibandingkan kulit putih. serta jelas saja saja, keluarga Odapus. munculnya penyakit ini pasal ada factor kepekaan serta factorpencetus yaitu ada infeksi, penggunaan obat-obatan, terserang sebaran sinar matahari, penggunaan pil KB, serta stres,” ujarnya. Penyakit ini itu malah kebanyakaan diderita perempuan umur produktif sampai umur 50 tahun sekalipun adanya juga laki lakiyang mengalaminya. Oleh pasal itu dikata diduga penyakit ini berkaitan dengan hormon estrogen 

Pada kehamilan dari wanita yang menderita lupus, kerap diduga berhubungan dengan kehamilan yang mengakibatkan abortus, permasalahan pernyebaran janin atau pun bayi mati saat lahir. tapi Perihal yang berkebalikan juga bisa jadi atau bahkan memperburuk geja LUPUS. kerap ditemui tanda Lupus timbul sewaktu hamil atau sehabis melahirkan. 

Tubuh mempunyai kekebalan buat menusuk penyakit serta merawat tetap bugar. Namun, dalam penyakit ini kekebalan badan itu malah menusuk organ badan yang bugar. Penyakit Lupus diduga berhubungan dengan proses imunologi yang berlebih. Dalam badan seseorang terkandung antibodi yang berfungsi menusuk asal pati penyakit yang akan masuk dalam badan. Uniknya, penyakit Lupus ini antibodi yang terbentuk dalam badan timbul berlebihan. Hasilnya, antibodi itu malah menusuk sel-sel jaringan organ badan yang bugar. Kelainan ini dikatakan autoimunitas 1. Antibodi yang berlebihan ini, dapat masuk ke semua jaringan dengan dua metode yaitu : 
  • Pertama, antibodi aneh ini dapat langsung menusuk jaringan sel tubuh, layaknya terhadap sel-sel darah merah yang mengakibatkan selnya akan hancur. Inilah yang menyebabkan penderitanya kelemahan sel darah merah atau anemia 
  • Kedua, antibodi dapat bergabung dengan antigen (zat perangsang penjawantah antibodi), membentuk ikatan yang dikatakan kompleks imunGabungan. antibodi serta antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan memicuperadangan. Dalam kondisi normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit) Tetapi, dalam kondisi abnormal, kompleks ini tak bisa dibatasi dengan baik. justru sel-sel radang tadi bertambah banyak bersetara dengan mengeluarkan enzim, yang memicu peradangan di sekitar kompleks. 
  • Hasilnya, sistem peradangan akan berkepanjangan serta akan menghancurkanorgan badan serta menginterupsi fungsinya. Selanjutnya, Perihal ini akan terlihat sebagai tanda penyakit. Kalau Perihal ini terjadi, tersebutkan dalam jangka panjang guna organ badan akan terganggu 

Kesembuhan jumlah dari penyakit ini, tampaknya sulit. Dokter lebih berfokus terhadap penyembuhan yang sifatnya sementaraLebih. difokuskan buat mencegah meluasnya penyakit serta tak menusuk organ vital badan.

Thank you for reading Penyakit LUPUS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit LUPUS"

Post a Comment