Ciri-Ciri dan Gejala Hepatitis yang Perlu Anda Ketahui

Read More


Duniainformasikesehatan.com - Hepatitis merupakan salah satu penyakit yang menyerang hati. Salah satu penyebab hepatitis adalah adanya virus yang menyerang hati. Adapun tiga jenis virus yang biasa menyerang hati, yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, dan virus hepatitis C.

Ketiga virus di atas akan menghasilkan tiga jenis penyakit yang akan mengganggu fungsi hati. Untuk lebih jelas akan diuraikan lebih lanjut di bawah ini.

Jenis Penyakit Hepatitis

Ada beberapa jenis hepatitis yang harus diketahui, antara lain:

1. Hepatitis A

Penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A ini bukan jenis hepatitis yang berat. Meskipun demikian, hepatitis A tetap tidak boleh diremehkan atau diabaikan karena hepatitis ringan pun jika tidak langsung diatasi akan menjadi hepatitis yang berat bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit hepatitis A ini dapat menular dan biasanya penularan ini terjadi secara perorangan melalui minuman dan makanan sudah terkontaminasi oleh virus hepatitis A.

2. Hepatitis B

Sama halnya dengan hepatitis A, hepatitis B merupakan penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Hepatitis B merupakan jenis hepatitis yang tergolong dalam jenis penyakit hepatitis yang berat karena dapat mengakibatkan kematian. Hal ini disebabkan karena hati tidak lagi dapat berfungsi dengan normal sehingga jika tidak dilakukan pengobatan yang benar dan tepat, penderita penyakit ini dapat kehilangan nyawa. Jika hepatitis A ditularkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, maka virus hepatitis B ini ditularkan melalui cairan. Penularan ini dapat terjadi melalui air liur, mani, cairan vagina, serta kontak darah dan atau air ketuban pada saat proses persalinan.

3. Hepatitis C

Jenis penyakit yang lain adalah hepatitis C. Apabila hepatitis A merupakan hepatitis ringan dan hepatitis B merupakan hepatitis berat, maka berbeda dengan hepatitis C. Hepatitis C ini merupakan jenis hepatitis yang tidak menunjukan gejala sedikitpun ketika seorang telah tertular, namun mereka akan meraskan sakitnya ketika umur penyakit telah berumur 10-15 tahun lamnya. Virus ini dapat ditularkan kepada manusia melalui transfusi darah, jarum suntik, obat-obatan terlarang, hubungan intim, menggunakan pisau cukur bersamaan, sikat gigi bersamaan, dan juga gunting kuku.

Itulah ketiga jenis penyakit yang ditimbulkan dari virus hepatitis, sedangkan dari berbagai macam penyakit hepatitis itu tadi tentu memiliki gejala atau ciri-ciri yang didapatkan ketika seseorang terserang penyakit hepatitis tersebut. Jika seseorang telah merasakan gejala-gejala seperti yang akan diuraikan di bawah ini, maka harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut agar tidak menjadi parah dikemudian hari.

Ciri-Ciri Hepatitis

Secara umum gejala hepatitis atau ciri-ciri hepatitis akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Mudah merasa lelah

Orang yang terserang penyakit hepatitis akan cepat lelah. Hal ini disebabkan penderita hepatitis akan lebih sering merasakan nyeri pada hati sehingga pikiran dan tenaga habis untuk menahan rasa sakit tersebut. Dengan demikian, pada saat penderita bekerja atau melakukan aktivitas sedikit saja akan mudah merasa kelelahan. Bagi penderita penyakit hepatitis, lebih baik menggunakan waktunya untuk beristirahat, jika tetap harus beraktivitas maka lakukan sesuatu yang memang penting saja agar tubuh segera sembuh dan penyakit hepatitis yang diderita tidak menjadi kronis.

2. Nyeri pada otot

Otot-otot akan lebih merasakan nyeri ketika seseorang terserang penyakit hepatitis. Hal ini dikarenakan otot terutama otot pada bagian perut akan lebih tertarik sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Selain pada otot perut, rasa nyeri juga muncul pada pada otot-otot yang lain karena hati tidak dapat berfungsi dengan maksimal sehingga tidak dapat menyaring kotoran terutama kotoran pada darah.

Thank you for reading Ciri-Ciri dan Gejala Hepatitis yang Perlu Anda Ketahui

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-Ciri dan Gejala Hepatitis yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment