Dampak Positif dan Negatif Konsumsi Pisang

Read More


Buah yang sering ditemukan di daerah tropis ini,selain rasanya yang lezat harganya pun cukup terjangkau bagi semua kalangan.

Meskipun harganya tejangkau tapi jangan remehkan kandungan gizi dan manfaat dari buah yang satu ini.

Buah pisang mengandung protein, vitamin dan mineral. Berikut vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah pisang yang dilansir oleh nutritiondata.self.com :


Vitamin
Mineral
Vitamin A
Vitamin C
Vitamin E (Alpha Tocoperol)
Vitamin K
Thiamin
Riboflavin
Niacin
Vitamin B6
Folate
Pantothenic Acid
Choline
Bataine
Calcium
Iron
Magnesium
Phosphorus
Potassium
Sodium
Zinc
Copper
Manganese
Selenium
Fluoride

Dengan kandungan buah pisang yang begitu banyak dan baik maka tidak heran kalau buah yang satu ini memiliki banyak manfaat.

Berikut beberapa manfaat dari buah yang satu ini :

1.Sumber Serat

Pisang merupalkan buah yang memiliki serat yang cukup tinggi sehingga pisang ini bisa menjadi obat pencahar alami untuk mereka yang mengalami masalah pencernaan. 

2.Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kandungan gizi yang terdapat pada pisang mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasan otak.

3.Anti Depresan

Kandungan vitamin B9 (folat) pada pisang mampu meningkatkan substrat yang memiliki sifat anti depresan yang bisa melawan depresi.

4.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa vitamin yang terkandung dalam buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dilihat dari kandungan gizi nya nampaknya masih banyak manfaat dan khasiat dari buah yang satu ini.

Untuk mendapatkan manfaatnya,tentunya kita harus mengkonsumsi sesuai kebutuhan kita. Konsumsilah dengan bijak dan konsultasikan ke dokter gizi berapa banyak buah pisang yang bisa kita makan perharinya. Apapun yang dimakan secara berlebihan selalu ada dampak bagi kesehatan. Begitu pun dengan buah pisang. 


Berikut beberapa dampak negatif terlalu banyak makan buah pisang :

Seperti dilansir halosehat.com terlalu banyak makan pisang bisa mengakibatkan :

1.Ketidakseimbangan Hormon androgen dan estrogen

Kandungan Xenobiotik pada buah pisang dapat mempengaruhi ketidakseimbangan hormon. Jika dikonsumsi dalam takaran wajar pisang akan berpengaruh baik bagi tubuh seperti memperbaiki sistem saraf. Sedangkan jika dikonsumsi berlebihan akan berakibat pada terganggunya keseimbangan hormon yang mengakibatkan tidak teraturnya haid pada wanita.

2.Penyakit Kardiovaskular

Kandungan magnesium yang berlebih akan berpengaruh pada penyumbatan pembuluh darah. Dan akan lebih berbahaya jika di makan secara berlebihan dalam keadaan perut kosong.

3.Sembelit

Kandungan pati pada pisang yang mentah bisa mempengaruhi proses pencernaan. Pastikan pisang yang akan anda makanadalah pisang yang matang untuk menghindari terjadinya sembelit.

4.Penyempitan Pembuluh Darah

Zat tiramin yang terkandung dalam pisang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

5.Kelebihan Kalium

Memakan buah pisang terlalu banyak dapat mengakibatkan Hyperkalemia,sebuah kondisi dimana tubuh kelebihan kalium. Dan dampaknya pada tubuh adalah melemahnya otot dan detak jantung yang tidak teratur.

6.Kandungan Gula

Bila dikonsumsi secara berlebihan, buah pisang bisa mengakibatkan gula yang berlebih pada tubuh. Dan itu tidak baik terutama bagi penderita diabetes.
Thank you for reading Dampak Positif dan Negatif Konsumsi Pisang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Konsumsi Pisang"

Post a Comment