Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

Read More


Bengkoang adalah tanaman yang berasal dari amerika tropis. Bengkoang termasuk dalam suku polong-polongan. Warna umbinya yang putih inilah yang biasa di konsumsi. Bengkoang biasa dijadikan tambahan dalam rujak atau asinan. Rasanya yang menyegarkan menjadi alasan kenapa bengkoang tepat untk dijadikan rujak. Selain itu bengkoang ini terkenal dengan khasiatnya yang baik bagi kulit.

Tidak sedikit body lotion atau kosmetik yang mencantumkan bahan ini dalam mencerahkan kulit. Selain baik bagi kesehatan kulit ternyata bengkoang ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti :

Manfaat Bengkoang

1. Sumber Serat

Bengkoang adalah salah satu sayuran yang tinggi akan serat. Seperti yang kita tahu serat ini sangat baik bagi kesehatan terutama untuk kesehatan pencernaan. Selain menjaga kesehatan pencernaan, serat pun baik bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan. Bengkoang menyediakan sekitar 13% serat. Serat dalam bengkoang merupakan serat terbaik. 

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan fitonutrien pada bengkoang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan terjaganya sistem kekebalan tubuh maka kita tidak akan mudah jatuh sakit dan terserang virus atau bekteri yang dapat membuat kita terkena sebuah penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan berdampak pada produktivitas kita dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

3. Mengurangi Produksi Asam Lambung

Sifat umbi yang dingin dan alkali pada bengkoang sangat baik dalam menurunkan produksi asam lambung. Kedua sifat itu mampu mempercepat penyerapan asam lambung. Untuk mendapat manfaat ini, para Ahli Naturopathic menyrankan untuk konsumsi bengkoang dalam keadaan segar.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Kandungan serat , air dan vitamin C pada bengkoang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu membantu mengurangi kadar kolesterol.

5. Mengobati Demam

Umbi begkoang memiliki sifat dingin. Ini baik bagi mereka yang sedang demam. Umbi nya bisa dimakan langsung atau di buat jus.

6. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium pada bengkoang mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bengkoang mampu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. 

Khasiat Bengkoang untuk Kulit

1. Mencerahkan Kulit

Kandungan pada bengkoang mampu membantu mencerahkan kulit. Sari pati bengkoang mampu menghilangkan noda-noda gelap dan noda-noda kusam pada wajah.

2. Melembabkan Kulit

Kandungan air yang cukup tinggi pada bengkoang memiliki sifat dingin dan anti inflamasi. Sifat dingin ini mampu membantu melembabkan kulit yang kering.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C pada buah bengkoang yang membuatnya mampu mencegah penuaan dini. 

4. Menghilangkan Jerawat

Untuk mendapat semua manfaat itu kalian bisa mendapatkannya dengan mengonsumsinya dalam keadaan segar dan agar lebih maksimal untuk perawatan kulit, kalian bisa membuat masker bengkoang.

Cara Membuat Masker Bengkoang
  1. Siapkan bengkoang, kupas dan cuci bersih bengkoang
  2. Potong menjadi dua, Kemudian parut bengkoang yang sudah bersih tadi
  3. Peras parutan bengkoang tadi dan ambil airnya
  4. Simpan air ini dalam wadah dan biarkan beberapa jam sampai mengendap
  5. Setelah ada endapannya, pisahkan air nya dari endapan
  6. Endapan inilah yang akan kita pakai untuk dijadikan masker.

Cara Memutihkan Wajah Dengan Bengkoang
  • cara memutihkan wajah dengan bengkoang adalah dengan memakai rutin memakai masker bengkoang tadi. Setelah kita mengetahui bagaimana membuat masker bengkoang tadi. Sekarang kita akan menggunakannya.
  • Oleskan endapan yang dari sari pati bengkoang tadi ke bagian wajah atau kulit yang hendak mendapat perawatan
  • Diamkan beberapa menit hingga mengering 
  • Bilas kulit atau wajah yang telah mendapat perawatan tadi dengan air kemudian keringkan dengan handuk lembut. Jangan menggosok kulit karena dapat mengakibatkan iritasi.

Tambahan 

Jangan konsumsi biji bengkoang, karena biji bengkoang mengandung racun. Jadi sebelum konsumsi alangkah lebih baik kalau bijinya kita buang terlebih dahulu.

Cukup sekian informasi mengenai manfaat bengkoang dan cara memutihkan wajah dengan bengkoang ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Thank you for reading Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memutihkan Wajah dengan Bengkoang"

Post a Comment