8 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Read More


Asam jawa atau tamarind merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis dan berhubung negara kita berada di daerah tropis maka tidak sulit untuk menemukan tanaman ini. Asam jawa biasa digunakan menjadi bumbu masakan. Banyak masakan jawa yang menggunakan asam jawa sebagai bumbu utamanya. Bukan hanya menjadi bumbu di masakan, asam jawa ini pun biasa digunakan dalam minuman. Tidak sedikit minuman yang terbuat dari asam jawa bahkan minuman kemasan pun menggunakan asam jawa sebagai rasa utamanya.

Rasanya yang asam membuat asam jawa menjadi nikmat untuk dijadikan minuman. Selain itu rasanya yang asam mampu membuat tubuh terasa segar dan manfaat asam jawa ini pun begitu banyak. Tidak heran banyak orang yang menyukainya.

Manfaat Asam Jawa

Kesehatan Pencernaan

Dari dulu asam jawa dianggap sebagai pencahar alami. Kandungan serat pada asam jawa yang mungkin membantu proses ini. Seperti yang kita tahu serat merupakan hal baik yang dapat menjaga kesehatan pencernaan. Serat mampu mengikat lemak-lemak yang berada di dinding usus dan membuangnya bersama feses. Asam jawa juga mengandung zat empedu yang dapat merangsang aktivitas empedu, membantu melarutkan makanan lebih cepat dan serat pada asam jawa pun mampu merangsang cairan lambung untuk mempercepat pencernaan.

Kesehatan Jantung

Sebuah studi menunjukan bahwa asam jawa/tamarind efektif dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kandungan serat pada asam jawa ikut berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kalium yang terdapat pada asam jawa pun ikut andil dalam penurunan tekanan darah, karena dikenal sebagai vasodilator yang dapat mengurangi stress pada sistem kardiovaskular.

Begitu pula dengan kandungan vitamin C nya. Vitamin C pada asam jawa memiliki peran penting, dimana vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi dampak dari radikal bebas.

Meningkatkan Sirkulasi

Asam jawa merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Asupan zat besi dalam jumlah yang tepat dapat menjamin jumlah sel darah marah yang tepat dalam tubuh. Zat besi sendiri berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan, juga mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi dalam sel.

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, kelemahan, gangguan kognitif, masalah perut dan sakit kepala.

Fungsi Saraf

Asam jawa kaya akan vitamin B kompleks. Tiamin, salah satu keluarga vitamin yang ditemukan dalam asam jawa dengan jumlah yang tinggi. Tiamin berperan dalam meningkatkan sistem saraf, pengembangan otot yang dapat membantu Anda tetap aktif, menjaga reflektif dan membuat Anda tetap kuat.

Menurunkan berat badan

Asam jawa memiliki satu kandungan unik yaitu HCA (hydroxycitric acid). HCA ini dikaitkan dengan penurunan berat badan karena mampu menghambat enzim yang berfungsi untuk membantu menyimpan lemak dalam tubuh. Lebih jauh, asam jawa mampu menekan nafsu makan dengan meningkatkan serotonin neurotransmitter.

Kontrol Diabetes

Alpha amilase pada asam jawa mampu menghentikan penyerapan karbohidrat yang akan dengan mudah dikonversi menjadi lemak atau gula sederhana. Diet karbohidrat berat dapat meningkatkan resiko tidak terkendalinya glukosa dan insulin, ini merupakan masalah terbesar bagi penderita diabetes. Asam jawa mampu memantau dan mengontrol fluktuasi hal tersebut.

Anti Inflamasi

Minyak esensial dari asam jawa memiliki kemampuan anti inflamasi yang dapat mengurangi nyeri sendi dan peradangan, kondisi rematik, asam urat dan athritis.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tingginya kadar vitamin C serta efek antioksidan lain dalam minyak esensial membuatnya menjadi salah satu rempah/bumbu/tanaman yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang dari infeksi jamur dan mikroba. Hal tersebut pun mampu mengurangi parasit dalam tubuh karena efek antimikroba dan antiseptik yang terdapat pada asam jawa. Asam jawa pun dikatakan mampu menghilangkan cacing perut pada anak-anak di daerah tropis dimana tanaman ini dibudidayakan.

Thank you for reading 8 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan"

Post a Comment