7 Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

Read More


Konsumsi Jamur Selain dapat mengenyangkan ternyata ada cukup banyak manfaat konsumsi jamur bagi kesehatan tubuh kita. Tentunya kita semua sudah tidak asing dengan bahan makanan seperti jamur, jamur ini biasanya akan diolah dengan berbagai macam bahan makanan lain. Namun sayangnya mungkin tidak banyak kalangan yang mengetahui manfaat dari mengkonsumsi jamur.

Oerlu diketahui terlebih dahulu sebelumnya, bahwa jamur adalah salah satu jenis tanaman yang masuk pada golongan keluarga saprophytes. Yakni organisme atau jenis tanaman tanpa klorofil yang dapat berkembang biak dengan cara mengekstraksi nutrisi dari berbagai tanaman yang telah mati serta membusuk.

Sedangkan untuk jenis jamur konsumsi yang sudah banyak dikenal antara lain seperti jamur kancing, jamur merang, jamur kayu, jamur kuping dan jamur tiram putih. Lalu, apa saja manfaat dari mengkonsumsi jamur? Inilah beberapa manfaat konsumsi jamur bagi kesehatan tubuh.

Menangkal Radikal Bebas

Ternyata jamur merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat tinggi. Di dalam jamur terdapat kandungan seperti selenium yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga dengan mengkonsumsi jamur, maka tubuh dapat menangkal radikal bebas termasuk melindungi sel-sel tubuh agar tidak rusak dan rentan terkena penyakit.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kaya akan antioksidan, ternyata jamur juga merupakan salah satu sumber vitamin D. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang karena dapat memenuhi asupan nutrisi untuk tulang serta menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin D juga sangat baik untuk otot, fungsi saraf, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Kanker

Salah satu keuntungan dari mengkonsumsi jamur secara rutin dan teratur yakni dapat membantu menangkal pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Hal tersebut diketahui karena jamur memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan yang dimiliki oleh jamur juga dapat membantu menghambat perkembangan tumor.

Mengurangi Risiko Stroke

Ternyata jamur konsumsi juga diketahui sangat kaya akan kalium. Kandungan kalium yang terdapat di dalam jamur diketahui dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi pada jamur juga dapat membantu mengontrol tekanan darah agar selalu stabil dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kaya Akan Vitamin B

Ya, jamur juga dikenal memiliki kandungan vitamin B yang sangat tinggi. Beberapa contohnya seperti niasin, asam folat, serta riboflavin. Dimana kandungan-kandungan tersebut akan membantu proses dan juga sistem metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik dan tidak terganggu. Dan kandungan vitamin B tersebut berada pada hampir seluruh jenis jamur konsumsi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat dari kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada jamur juga diketahui dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan selenium yang tinggi pada jamur diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh karena dapat menangkal segara radikal bebas yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Menu Sehat untuk Diet

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi jamur ialah dapat membantu menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan tubuh melalui diet. Selain jenis sayuran dan kacang-kacangan, tanaman seperti jamur yang dapat di konsumsi pun dapat menjadi salah satu pilihan menu diet sehat. Rasanya yang lezat tentu tidak kalah dari masakan yang menggunakan bahan olahan seperti daging.

Itulah sederetan manfaat konsumsi jamur bagi kesehatan tubuh yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang pada umumnya. Jika ingin memiliki tubuh yang selalu sehat, maka sudah seharusnya Anda juga mengkonsumsi beragam jenis makanan sehat. Semoga informasi makanan sehat di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semuanya.

Thank you for reading 7 Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment