Kandungan,Manfaat dan Bahaya Konsumsi Lemon

Read More


Buah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Buah yang memiliki rasa asam yang cukup tinggi. Selain itu buah ini pun terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. 

Ya yang kalian lihat di gambar adalah buah lemon. Buah yang sangat jarang dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang sangat asam. Buah ini biasa di jadikan tambahan di beberapa makanan dan yang paling umum adalah di buat menjadi minuman. 

Lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapat dari konsumsi buah lemon ini? 

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

1. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Konsumsi jus lemon mampu menghilangkan racun dan mengeluarkan racun tersebut bersama dengan sisa metabolisme tubuh yang lain. Di dalam lemon sendiri terdapat 22 senyawa antikanker dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. 

2. Menurunkan Resiko Stroke

Menurut The American Heart Association : Perempuan yang konsumsi lemon lebih banyak memiliki resiko terkena stroke yang rendah di banding mereka yang konsumsi lemon dalam jumlah sedikit. (ref: huffingtonpost)

3. Menghentikan Pendarahan internal

Kandungan antiseptik yang terdapat pada lemon dapat menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Celupkan kapas ke dalam air hasil perasan lemon dan letakan dalam hidung, untuk mengatasi pendarahan hidung.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Mungkin kalian pernah lihat di beberapa produk kecantikan yang menggunakan bahan lemon. Itu karena vitamin pada lemon merupakan kunci untuk produksi kolagen. Kolagen penting untuk menjaga kekuatan dan elastisitas kulit. Dr. Alain Michon dari Ottawa skin Clinic mengatakan "vitamin C dapat mempercepat produksi kolagen, mengurangi inflamasi dan membuat tabir surya bekerja lebih efektif."

5. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium yang terdapat pada lemon sangat baik bagi kesehatan jantung. Kalium mampu mengontrol tekanan darah tinggi. 

6. Merawat Kesehatan Mulut

Lemon mampu menghilangkan bau mulut. Selain itu lemon juga mampu mengobati sakit gigi. Caranya cukup meletakan jus lemon pada bagian gigi yang sakit.

7. Melancarkan Pencernaan

Konsumsi jus lemon secara teratur dapat melancarkan pencernaan. Lemon meningkatkan gerakan peristaltik di perut, sehingga bisa membantu buang air besar secara teratur dan membuang sisa limbah dalam tubuh dengan baik.

Manfaat Air Lemon

Belakangan ini muncul trend minum air lemon hangat di pagi hari. Apa saja manfaatnya?

1. Membersihkan Sistem Pencernaan

Minum air lemon hangat di pagi hari mampu membersihkan sistem pencernaan Anda. Air lemon dapat membantu proses pembuangan racun dan dapat membantu saluran cerna Anda.

2. Hidrasi

Konsumsi air lemon di pagi hari pun dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan membuang racun yang ada di dalam tubuh dihari sebelumnya.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan menigkatnya sistem kekebalan tubuh maka Kita tidak akan mudah jatuh sakit.

4. Membantu mengurangi Berat Badan

Air lemon dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan berenergi. Selain itu serat pektin yang terdapat pada lemon dapat mencegah kelaparan.

5. Meningkatkan Mood

Lemon dapat menenangkan yang mengonsumsinya. Lemon pun dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Dan aroma lemon dapat meningkatkan mood.

6. Napas Segar

Air lemon di pagi hari mampu menghilangkan bau mulut. Selain itu konsumsi air lemon di pagi hari juga dapat meredakan sakit gigi dan masalah gusi lainnya. (ref : liputan6)

Kandungan Lemon

Sumber : USDA
Bahaya Konsumsi Air Lemon

Konsumsi air lemon memang baik bagi pencernaan namun perlu diperhatikan juga cara meminumnya. Konsumsi air lemon dapat merusak email gigi. Menrut dokter gigi Matthew Messina "Dengan menambahkan asam lemon ke dalam air, Anda bisa meningkatkan resiko pemgikisan email gigi,dan itu dapat menyebabkan masalah. Padahal, email gigi tidak bisa di ganti."

Untuk mengurangi efek tersebut Matthew Massena menyarankan :

1. Bila Anda ingin konsumsi air lemon hangat di pagi hari, sebaiknya tunggu sedikit lebih dingin dan gunakan sedotan. "Tujuannya untuk membantu mendorong cairan gigi keluar." Kata Matthew Messina

2. Minum air lemon sebelum menggosok gigi, sehingga asam lemon tidak akan merusak email gigi secara langsung.

3. Jangan meminum begitu saja, Minumlah sebagai bagian dari makanan. Tujuannya untuk membantu merangsang produksi air liur. (ref : Kompas.com)

Semoga informasi mengenai manfaat lemon, manfaat air lemon, kandungan lemon dan bahaya konsumsi air lemon dapat bermanfaat. Silakan di share jika menurut kalian ini bisa bermanfaat bagi orang lain juga. Terima kasih.

Thank you for reading Kandungan,Manfaat dan Bahaya Konsumsi Lemon

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kandungan,Manfaat dan Bahaya Konsumsi Lemon"

Post a Comment